Komunitas Peduli Lingkungan Bersih-Bersih Beras Basah

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Komunitas Peduli Lingkungan melakukan bersih-bersih Pulau Beras Basah, Kamis (30/1/2020). Mereka mengumpulkan sampah yang bertebaran di lokasi destinasi wisata andalan Kota Taman tersebut.

Ketua pelaksana Muhammad Olifiansyah mengatakan, aksi bersih-bersih itu dilakukan atas dasar kekhawatiran terhadap kondisi beras basah, lantaran masih banyaknya sampah yang dibuang sembarangan ke laut. Menurutnya, sampah paling banyak berserakan di bagian belakang kawasan Beras Basah.

“Kami dari akun informasi @bontang_ku dan juga District Vape Store dapat informasi dari pengunjung yang kerap melakukan snorkling kalau pedagang buang sampah ke laut karena tidak ada kapal pengangkut sampah ke darat,” katanya.

Menurutnya, dari pengakuan beberapa pedagang, hal itu memang benar adanya. Pedagang mengeluhkan tidak adanya armada untuk mengangkut sampah di pulau tersebut.

“Tapi mereka menolak dibilang buang sampah langsung ke laut,” tambahnya.

Dari hasil bersih-bersih sampah tersebut, komunitas peduli lingkungan tersebut berhasil mengumpulkan 10 kantong sampah yang kemudian di bawa ke darat.

“Ini baru pertama kali dilaksanakan. Kami mengajak seluruh pengunjung dan pedagang untuk menjaga kebersihan, karena ini adalah destinasi wisata yang banyak dikunjungi, kebersihan sangat penting,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri

Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply