Kontak dengan Pasien Positif di Bontang, Jumlah ODP Bertambah jadi 12

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) di Kota Bontang terus bertambah. Selasa (24-3/2020) 5 warga Bontang ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Jumlah ODP yang sebelumnya berjumlah 7 kini meningkat menjadi 12 orang.

Juru bicara Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Bontang, Adi Permana menyebut, tambahan 5 ODP lantaran pernah berinteraksi dengan pasien positif Bontang 01 atau klaster KPU. Tambahan ODP covid-19 ini memiliki gejala klinis, seperti demam, batuk, sesak nafas.

“Mereka punya (riwayat) kontak erat dan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19,” ujarnya.

Warga yang masuk dalam status ODP dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebar di seluruh kecamatan di Bontang.

Kecamatan Bontang Selatan sebanyak 7 orang dengan status ODP, Kecamatan Bontang Barat sebanyak 2 ODP. Sementara di Kecamatan Bontang Utara, terdapat 3 orang dengan status ODP, satu warga PDP, dan 1 positif corona. 2 warga status ODP diisolasi di rumah sakit, selebihnya 10 orang menjalani isolasi mandiri di rumah mereka.

Infografis per-24 Maret 2020

Adapun, rilis resmi dari Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang menunjukkan total warga Bontang yang dirawat di RSUD 4 orang. Rinciannya, 2 orang dalam status ODP, 1 status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 1 orang lagi status positif covid-12.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply