Perawatan Kulit untuk Samarkan Stretch Mark Selama Kehamilan

KITAMUDAMEDIA – Stretch mark merupakan perubahan fisik yang umum terjadi pada ibu hamil. Masalah kulit satu ini muncul karena perubahan fisik ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan. Stretch mark biasanya mulai terlihat di trimester kedua dan muncul di area-area seperti perut, paha, payudara, dan pinggul.

Beberapa ibu hamil ada yang menerima munculnya stretch mark. Tapi ada pula yang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya karena stretch mark membuat kulit terlihat tak mulus lagi. Selain itu, terkadang stretch mark membuat kulit menjadi kendur serta terasa kering dan gatal karena kelembapannya berkurang. Namun jangan khawatir, stretch mark yang muncul selama masa kehamilan atau setelahnya bisa dihilangkan dengan intervensi dini. Kuncinya ibu hamil harus rajin melakukan perawatan kulit jauh sebelum stretch mark muncul. Tapi perawatan kulit yang dilakukan berbeda dengan perawatan pada umumnya.

“Kulit cenderung berubah selama kehamilan. Perawatan kulit rutin yang umum mungkin tidak terlalu efektif. Jadi pahami nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan,” kata ahli Ayurveda Dr Prathibha Babshet seperti dikutip IOL.

Dirinya mengatakan, ada dua langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengatasi stretch mark selama dan pasca kehamilan. Pertama, memijat kulit dengan minyak zaitun, biji gandum, almond, dan wijen. Pijat adalah cara paling efektif untuk mengurangi stretch mark karena meningkatkan aliran darah. Selain itu, pijatan ringan membantu membangun elastisitas kulit.

“Ibu hamil harus rutin memijat di area kulit yang mungkin muncul stretch mark sebelum tidur. Gunakan minyak yang diformulasikan khusus,” kata Babshet.

Setelah memijat, menjaga kelembapan kulit adalah kunci lainnya. Kelembapan dapat membuat kulit terasa lembut dan kenyal serta mengurangi rasa gatal dan kemungkinan munculnya stretch mark. Babshet menambahkan, penting bagi ibu hamil untuk memilih krim pelembap yang mengandung ramuan-minyak dan mentega kompleks. Jenis krim tersebut membantu memberikan kelembapan yang lebih dalam terutama bila digunakan setelah mandi.

Baca Juga  Memanfaatkan Madu untuk Buat Wajah Lebih Cantik dan Sehat

“Campuran minyak almond, minyak biji gandum, minyak zaitun, mentega kokum dan shea butter membantu mengencangkan kulit yang kendur dan mengurangi munculnya stretch mark secara alami,” ujarnya. Selain fokus terhadap perawatan kulit, penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsilah makanan sehat dan berolahraga secara teratur. “Minum cukup air juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Hindari junk food dan kafein,” imbuh Babshet. (Kompas)

Editor : Redaksi


Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply