Waktu Terbaik Mengonsumsi Kurma agar Nutrisi Terserap Sempurna

KITAMUDAMEDIA – Menjelang Ramadhan, kurma mulai bertebaran. Baik di pasar tradisional maupun di super market. Kurma adalah buah unik dengan berjuta manfaat kesehatan. Kurma sendiri adalah tanaman palma yang masuk dalam genus Phoenix.

Daerah asal muasal kurma tak bisa ditelusuri secara pasti karena tanaman ini sudah bertahun-tahun lamanya dibudidayakan. Namun diperkirakan, kurma berasal dari dataran sekitar Teluk Persia. Buahnya sendiri sudah cukup lama dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika. Di pasaran, kurma tersaji dalam dua jenis varian, yaitu kurma kering dan kurma segar. Kurma kering memiliki tekstur yang berkerut dan tak ada kandungan air.

Sedangkan kurma segar bertektur lebih halus dan lebih basah, Berbagai manfaat kurma Manfaat kurma untuk kesehatan sangat banyak. Dalam laman Healthline, ditulis bahwa kurma memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Isi kandungan kurma sebagian besar adalah karbohidrat. Meski di dalamnya ada juga protein, vitamin, mineral, fiber, potasium, magnesium, juga vitamin B6. Kandungan serat yang tinggi di dalam kurma bisa melancarkan saluran cerna, sehingga menghindarkan Anda dari konstipasi.

Sedangkan antioksidan tinggi dalam kurma, bisa digunakan untuk mengurangi risiko terkena diabetes, gangguan jantung, hingga alzheimer dan kanker. Dalam sebuah penelitian, kurma juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja otak.

Dalam hal ini, kurma bisa digunakan mengurangi risiko alzheimer. Mencampurkan sedikit kurma ke dalam makanan, bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Waktu terbaik mengonsumsi kurma Dalam Healthline juga disebutkan bahwa ada waktu-waktu terbaik untuk mengomsumsi makanan.

Makan ketika lapar, hanya akan mengatasi kelaparan itu sendiri. Sedangkan makan di waktu-waktu terbaik untuk makan, bisa memaksimalkan penyerapan dari nutrisi yang ada di makanan. Di waktu-waktu tertentu, tubuh bisa maksimal mencerna makanan.

Baca Juga  100-an Anak RI Kena Gagal Ginjal Akut Misterius, Begini Gejalanya Hari ke Hari

Proses pencernaan sendiri terjadi begitu makanan masuk ke dalam rongga mulut. Berbagai enzim di dalam rongga mulut berfungsi melunakkan makanan sehingga makanan lebih mudah dicerna organ berikutnya seperti lambung dan usus.

Nah, di bawah ini, adalah waktu terbaik mengonsumsi kurma.

  1. Ketika sarapan Kurma efektif memasok zat gula dan fiber ke tubuh Anda. Jadi sebaiknya, konsumsi kurma di pagi hari sebelum Anda melakukan aktivitas. Selain memberi energi, kurma juga bisa menjaga Anda kenyang dalam kurun waktu lama. Ketika puasa, konsumsilah kurma di waktu sahur untuk memberi Anda energi dan menunda lapar.
  2. Menjelang petang Sore hari, energi sudah dalam grafik menurun. Jadi tak ada salahnya kembali mengonsumsi kurma untuk menambah pasokan gula alami dan fiber ke dalam tubuh. Pasokan gula dan serat ini akan membuat Anda kembali segar dan tak lagi lemas.
    Ketika puasa, tentu saja Anda baru bisa mengonsumsi ini ketika berbuka puasa. Ambil kurma untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh Anda, sebelum Anda mengonsumsi makanan berat.
  3. Ketika lapar Kurma juga bagus dikonsumsi ketika lapar karena mengandung banyak kalori dan serat tinggi. Jadi ketika Anda lapar tapi malas mengambil main course atau makanan besar, ambil saja kurma untuk memasok kalori dalam tubuh.
  4. Sebelum berolaharaga Gula dalam kurma memang tinggi, tapi tak membuat gula darah Anda langsung melonjak tinggi. Sebaliknya, kurma justru membuat pelepasan karbohidrat yang ada terjadi secara perlahan, sehingga bisa menjadi bahan bakar olahraga Anda. Jadi ada baiknya mengonsumsi 2 hingga 4 buah kurma, 30 menit sebelum Anda berolahraga.
  5. Ketika lapar tengah malam Tengah malam kelaparan? Salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi tengah malam adalah kurma. Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya bisa membuat Anda kenyang dalam jangka waktu lama. Hal ini karena serat memiliki waktu lebih lama untuk dicerna. (Berbagai Sumber)
Baca Juga  8 Makanan yang Harus Dihindari Demi Imun Tubuh yang Kuat

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply