Cara Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan dan Buat Perut Rata

KITAMUDAMEDIA – Sudah sarapan pagi ini?

Ingat jangan lupa sarapan agar tubuh tetap sehat dan berenergi setiap hari. Terkadang orang suka melewatkan sarapan lantaran dianggap bisa menambah berat badan dan membuat perut jadi buncit.

Banyak ahli sepakat bahwa salah satu strategi untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan perut rata adalah dengan sarapan, bukan melewatinya.

Penelitian telah mengamati bahwa orang yang makan sarapan kaya protein dan/atau serat secara teratur cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) yang lebih rendah dan mengonsumsi lebih sedikit kalori di kemudian hari. Percobaan lain yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menawarkan alasan lain untuk makan setiap pagi. Para peneliti menemukan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Mengutip Eat This Not That, banyak ahli yang mengungkapkan ada cara efektif untuk membuat perut Anda jadi rata.

Berikut cara sarapan yang tepat untuk membantu penurunan berat badan dan perut rata:

1. Fokus pada jangka panjang
“Tidak ada makanan ajaib atau strategi yang dapat membuat perut Anda tampak rata dengan segera,” kata Stacey Krawczyk, ahli diet untuk Grain Foods Foundation dan Presiden Food Well Strategies.

“Namun, makan di pagi hari memang membantu manajemen berat badan jangka panjang karena mengatur irama untuk hari itu. Jika ada trik untuk menurunkan berat badan, itu adalah membuat rencana makan yang terarah,” katanya.

“Kebiasaan baik membantu menciptakan kebiasaan baik di masa depan, jadi makan sarapan seimbang dengan biji-bijian kaya serat (termasuk makanan yang dibuat dengan biji-bijian utuh dan biji-bijian yang diperkaya), protein tanpa lemak, dan beberapa buah atau sayuran dapat membantu Anda tetap kenyang untuk menghindari ‘ kemerosotan di pagi hari’ dan membantu Anda tetap di jalur,” kata Krawczyk.

Baca Juga  Tips Membakar Lemak Setelah Makan Malam

2. Pilih makanan padat nutrisi
“Anda tidak perlu makan banyak saat sarapan jika memiliki kombinasi bahan makanan yang padat nutrisi,” kata Lisa Young, RD, PhD, penulis buku Finally Full, Finally Slim.

“Karena perut terasa kenyang, Anda tidak perlu makan snack lagi sebelum makan siang. Kunci merasa kenyang lebih lama setelah sarapan adalah kombinasi protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks kaya serat yang akan membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari.”

Anda bisa memilih beberapa jenis makanan seperti telur, oatmeal, buah, selai kacang, roti gandum, dan sayuran.

3. Makanan mengandung sayuran atau plant base
Beachbody Super Trainer Autumn Calabrese mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting hari ini karena sarapan akan memulai metabolisme tubuh ‘mengantuk’ Anda.

Untuk menjaga perut tetap rata, Anda harus “menjaga metabolisme tetap hidup, dan sarapan akan meningkatkannya selama sekitar 3 jam,” kata Calabrese, penulis Lose Weight Like Crazy Even if You Have a Crazy Life.

“Itulah mengapa saya memberitahu [orang lain] untuk makan setiap 2,5 sampai 3 jam,” kata Calabrese.

“Saya baru saja melihat ceramah dari seorang dokter yang memberi tahu kami bahwa sarapan kaya tumbuhan dengan banyak serat dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 16 persen.”

Calabrese mengatakan yang terbaik adalah menjauhi muffin, sereal, dan pancake yang diproses dengan sangat baik. Sebagai gantinya, pilihlah biji-bijian dan sayuran, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Pilih protein yang tepat
Jika Anda ingin menjaga perut tetap rata, memperhatikan bahan-bahan dalam suplemen protein Anda adalah kuncinya karena banyak yang diproses secara berlebihan, kata David Sautter, spesialis nutrisi kebugaran bersertifikat National Association of Sports Medicine dan kontributor Top Fitness Magazine.

Baca Juga  4 Jenis Yoghurt yang Bagus untuk Diet

5. Minum air sebelum sarapan
Air terbukti sebagai penekan nafsu makan. Studi menunjukkan bahwa minum air secara efektif mengurangi konsumsi kalori harian Anda dengan mengisi perut Anda, mengurangi asupan minuman manis, dan menghilangkan rasa lapar. Ini juga bisa menjadi cara agar sarapan Anda bisa membantu menurunkan berat badan dan juga mendapatkan perut rata. (Berbagai Sumber)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply