Gejala Awal Gagal Jantung yang Harus Diwaspadai

KITAMUDAMEDIA – Gagal jantung merupakan suatu kondisi yang terjadi saat jantung tidak kuat mempompa darah atau memompa dengan tekanan dan usaha yang lebih berat.

Gejala awal gagal jantung mesti segera mendapatkan perawatan untuk mencegah kondisi yang fatal dan membahayakan tubuh.

Heart Failure Society of America (HFSA) mengembangkan cara mudah untuk mengenali gejala awal gagal jantung dengan akronim FACES yaitu Fatigue, Activity limitation, Congestion, Edema or angkle swelling, dan shortness of breath. Gagal jantung adalah fase paling akhir dari semua penyakit jantung. Karena itu penting kenali gejala di awal.

Dari berbagai sumber, berikut gejala awal gagal jantung.

1. Fatigue atau kelelahan

Saat jantung tidak dapat memompa cukup darah yang kaya oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, maka rasa lelah dan letih bakal muncul. Rasa lelah ini muncul bahkan saat tidak melakukan aktivitas yang berat.

2. Activity limitation atau aktivitas terbatas

Orang dengan gagal jantung sering kali sulit melakukan aktivitas. Gerak dan aktivitas orang dengan gagal jantung cenderung terbatas atau tidak sebebas orang pada umumnya.

3. Congestion atau penumpukan cairan di paru-paru

Gagal jantung juga menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk, mengi, dan sulit bernapas.

4. Edema

Saat jantung tidak kuat memompa darah, cairan juga dapat menumpu di pergelangan kaki paha dan perut. Kelebihan cairan ini dapat menyebabkan seseorang tampak mengalami kenaikan berat badan dengan cepat.

5. Shortness of breath atau sesak napas

Gagal jantung membuat darah sulit mendapatkan oksigen dari paru-paru sehingga menyebabkan munculnya sesak napas.

Jika Anda memiliki satu atau lebih gejala awal gagal jantung ini segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Gagal jantung bisa didiagnosis dengan pemeriksaan klinis oleh dokter dan menggunakan alat seperti EKG, USG jantung, atau MRI.

Baca Juga  Kenali Gejala Kanker Lambung yang Sulit Dideteksi Sejak Dini

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply