5 Tips Diet Sehat dan Aman Bagi Penderita PCOS

KITAMUDAMEDIA – Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) dialami beberapa wanita. Tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya lima tips diet sehat ini aman dijalani penderita PCOS.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan kondisi gangguan pada organ reproduksi wanita. Kondisi ini ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur hingga kadar androgen yang tidak stabil.

Pada wanita yang menderita PCOS biasanya akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup mengganggu. Mulai dari kelebihan berat badan hingga obesitas, serta risiko diabetes.

 PCOS berdampak pada ketidaknormalan hormon, resistensi insulin hingga inflamasi yang membuat banyak wanita penderitanya kesulitan menurunkan berat badan.

Untuk menghindari risiko obesitas tersebut, para penderita PCOS sangat disarankan menjaga pola makan sehat demi mengendalikan berat badannya. Setidaknya ada lima pola diet yang disarankan oleh ahli kesehatan bagi penderita PCOS agar bisa menjaga tubuh tetap sehat.

1. Tingkatkan Asupan Serat

Kandungan serat yang terkandung secara alami pada makanan sangat penting fungsinya untuk tubuh. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah, mengurangi inflamasi hingga menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Asupan makanan yang tinggi serat ini bisa didapatkan melalui beberapa bahan makanan berupa gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan serta sayur-sayuran. Menambahkan salah satu bahan makanan tinggi serat ke dalam piring makan diakui sudah cukup membantu bagi penderita PCOS.

Serat juga membuat kenyang lebih cepat dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Cara ini juga dinilai sangat baik karena dapat membantu penderita PCOS lebih mudah mengendalikan asupan makanan dan berat badan.

2. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Para ahli kesehatan dan ahli gizi mengungkapkan bahwa protein menjadi penolong pertama untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Protein juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih cepat setelah mengonsumsinya.

Baca Juga  Bahaya Mengonsumsi Telur yang Sudah Retak

Protein dinilai sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan rasa lapar, membakar kalori hingga mengendalikan hormon rasa lapar. Tetapi bagi penderita PCOS perlu diperhatikan bahwa asupan protein yang diperbolehkan adalah protein tanpa lemak.

Meningkatkan asupan protein untuk membantu menurunkan serta mengendalikan berat badan sangat disarankan bagi penderita PCOS. Sumber protein yang paling disarankan untuk penderita PCOS misalnya seperti telur, kacang almond hingga seafood yang harus ditambahkan dalam menu makan harian.

3. Perbanyak Makanan Antioksidan

Seperti yang banyak diketahui, antioksidan merupakan komponen yang sangat baik manfaatnya untuk tubuh. Beragam manfaat kesehatan bisa didapatkan melalui konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan antioksidannya.

Mulai dari menjaga kekebalan imunitas hingga menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular. Tidak hanya untuk penderita PCOs, antioksidan juga menjadi komponen yang paling penting untuk ditambahkan dalam menu makan setiap hari pada semua orang.

Makanan yang kaya akan kandungan antioksidan juga dikatakan mampu untuk mengurangi inflamasi dan mengendalikan kadar insulin. Makanan yang disarankan bagi penderita PCOS misalnya buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan hingga gandum utuh.

4. Hindari Karbohidrat Olahan dan Lemak Jenuh

Karbohidrat olahan dan lemak jenuh menjadi musuh utama bagi kesehatan secara keseluruhan. Karbohidrat olahan ini misalnya seperti gula, makanan kemasan olahan, makanan cepat saji hingga minuman bersoda dan jus kemasan yang beredar di pasaran.

Karbohidrat olahan ini menjadi sumber karbohidrat yang tidak sehat karena mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi. Sementara lemak jenuh merupakan hal yang paling harus dihindari oleh penderita PCOS.

Penderita PCOS disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik rendah untuk mencegah lonjakan insulin yang berbahaya. Karbohidrat olahan mengandung kadar indeks glikemik yang cukup tinggi dan berbahaya bagi penderita PCOS.

Baca Juga  Melangkah ke Skala Internasional, Bontang Jadi Nominator Kota Terbersih se Asia Tenggara

5. Olahan Susu

Tidak banyak yang mengetahui bahwa susu dan produk olahannya juga berdampak pada sulitnya menurunkan berat badan. Mengurangi dan meminimalisir konsumsi susu dan produk olahan susu dinilai cukup membantu menurunkan berat badan lebih cepat terutama bagi penderita PCOS.

Mengurangi konsumsi susu dan produk olahannya juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan usus dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Hal ini juga mampu mengurangi lonjakan hormon yang efeknya negatif bagi penderita PCOS.

Pasalnya susu dan beberapa produk olahannya masih mengandung lemak jenuh yang sangat harus dihindari oleh penderita PCOS. Sebagai gantinya, penderita PCOS bisa mengonsumsi susu nabati seperti susu kedelai, susu oat dan berbagai jenis susu selain susu hewani lainnya. (Detik Food)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply