Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

IKN Akan Dikelilingi Tiga Bendungan dan Satu Intake

KITAMUDAMEDIA – Saat ibu kota negara (IKN) berpindah, jutaan pegawai akan berada di sana. Aktivitas pusat pemerintahan Indonesia itu tentu saja memerlukan dukungan ketersediaan air baku yang cukup dan berkelanjutan.

Mengantisipasi hal tersebut, pemerintah telah menyiapkan rencana besar untuk memberikan dukungan penyediaan air baku, sekaligus pengendalian banjir di kawasan IKN.

“Kita bangun tiga bendungan dan satu intake di sekitar IKN ini,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, belum lama ini.

Tiga bendungan dan satu intake itu diperkirakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan air baku di kawasan IKN.

Tiga bendungan yang sedang dan akan dibangun itu adalah Bendungan Sepaku Semoi, Bendungan Selamayu dan Bendungan Batu Lepek. Sementara satu intake yang akan dibangun adalah Intake Sungai Sepaku.

Bendungan Sepaku Semoi dibangun dengan rencana daya tampung mencapai 10 juta m3. Bendungan ini memiliki tinggi 25 meter dan panjang 450 meter. Proyek ini dikerjakan untuk masa 2020-2023 dengan total dana Rp 556 miliar. Capaian fisik proyek multiyears contract ini 36,05 persen dan keuangan 25,23 persen.

“Daerah layanan bendungan ini adalah IPA KIPP (kawasan inti IKN) dan Kota Balikpapan,” ungkap Basuki.

Dua bendungan lainnya saat ini baru pada tahap studi kelayakan (2020 dan 2021). Bendungan Batu Lepek akan dibangun dengan tinggi 59 meter dan panjang 323 meter. Pemanfaat bendungan ini adalah kawasan inti IKN dengan 4.300 liter/detik.

Bendungan Selamayu disiapkan dengan daya tampung lebih besar lagi yakni 173 m3. Tinggi bendung 38 meter dan panjang 264 meter. Daerah layanan bendungan ini masih kawasan inti IKN.

Sedangkan Intake Sungai Sepaku dibangun dengan MYC senilai Rp 364 miliar. Intake ini dibangun dengan jenis bendung obermeyer 

Baca Juga  Kasus Covid-19 Naik karena Subvarian Omicron, PPKM Level 1 Diperpanjang

dengan tinggi 23 meter dan panjang 117,8 meter. Kapasitas intake ini diperkirakan mencapai 3.000 liter/detik. 

Dengan demikian, ketersediaan air baku IKN juga dipastikan aman. (sul/her/yans/adpimprovkaltim)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply