6 Jenis Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

KITAMUDAMEDIA – Tak semua orang konsisten pergi ke tempat gym untuk berolahraga. Namun, saat ingin menurunkan berat badan, tentunya penting untuk lebih aktif bergerak demi membakar lemak di dalam tubuh.

Berikut ini berbagai jenis olahraga yang bisa membakar banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Sebagian besar dokter dan instruktur olahraga umumnya menyarankan orang dewasa untuk lari, jogging, atau berjalan jauh untuk mulai menghilangkan lemak.

Meskipun lari dan jalan kaki sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mendukung kesehatan tubuh dalam jangka panjang, keduanya tak masuk dalam kategori olahraga yang cepat menurunkan berat badan.

“Tujuannya adalah menemukan aktivitas yang Anda sukai dan melakukannya secara konsisten,” jelas Amy Goodson, ahli diet dan penulis The Sports Nutrition Playbook dikutip dari Eat This Not That!

“Jika penurunan berat badan adalah tujuan Anda, lakukan lebih banyak (olahraga) dan pantau nutrisi sehingga Anda secara sehat membuat defisit kalori sambil tetap mengisi tubuh Anda dengan makanan kaya nutrisi.”

Melansir berbagai sumber, berikut ini 6 jenis olahraga yang telah terbukti secara ilmiah membakar kalori paling banyak dan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Renang

Renang merupakan olahraga individu yang membuat seluruh tubuh bekerja. Berenang merupakan kardio intensitas rendah yang dapat membantu membakar kalori dan membentuk otot tanpa lemak.

Penelitian bahkan mendukung manfaat renang untuk penurunan berat badannya.

Gerakan renang seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, bahkan gaya bebas dapat mempercepat pembakaran kalori. Menurut WorldHealth, hanya dalam 30 menit latihan, Anda dapat membakar 367 hingga 404 kalori dengan berenang dalam beberapa gerakan.

Aktivitas fisik ini membuat tubuh bergerak melawan resistensi, yang membantu Anda membakar lemak tubuh dan membentuk otot. “Otot lebih aktif secara metabolik daripada lemak, artinya ia membakar lebih banyak kalori saat istirahat,” kata Goodson.

Baca Juga  Desember 2019, Bioskop XXI Buka Di Bontang

2. Zumba

Zumba adalah olahraga yang bisa menurunkan berat badan lebih cepat. (istockphoto/vgajic)

Jika Anda senang olahraga yang dilakukan berkelompok, zumba bisa jadi salah pilihan untuk menurunkan berat badan.

Zumba adalah jenis olahraga aerobik intensitas tinggi yang melibatkan gerakan rumit, bahkan bagi mereka yang menyukai jenis olahraga tari.

Penelitian menunjukkan bahwa zumba dapat secara signifikan memengaruhi perjalanan penurunan berat badan dengan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Melakukan zumba selama satu jam dapat membakar rata-rata 500 hingga 800 kalori.

Ada beberapa faktor yang berperan dalam seberapa banyak kalori bisa terbakar, seperti usia, genetika, dan intensitas olahraga. Namun, jika Anda konsisten bergerak saat zumba, Anda bisa mendapatkan peluang menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Basket

Jika Anda menyukai jenis olahraga yang kompetitif, basket bisa jadi pilihan. Menurut Harvard Health Publishing, bermain basket selama 30 menit seseorang dengan berat 155 pon dapat membakar sekitar 288 kalori.

Olahraga basket mengombinasikan gerakan melompat dan latihan ketahanan. Dikutip WebMD, selain membantu menurunkan berat badan, basket juga dapat meningkatkan suasana hati, memelihara kesehatan tulang, mengurangi stres, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, serta meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Panjat tebing

Olahraga yang satu ini memang butuh pendampingan dari profesional bersertifikat dem keamanan. Namun, panjat tebing jadi salah satu olahraga yang bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Panjat tebing adalah latihan seluruh tubuh yang mengaktifkan perut, kaki, lengan, bokong, dan punggung. Olahraga ini menggabungkan kekuatan dan kerja aerobik yang akan meningkatkan pembakaran kalori di siang hari dan membantu upaya penurunan berat badan.

Penelitian memperkirakan Anda dapat membakar sekitar 480 hingga 660 kalori per jam saat panjat tebing. Namun berhati-hatilah karena tingkat intensitas olahraga ini tinggi, jadi perlu waktu untuk membiasakan diri.

Baca Juga  Wanita Dibakar Hidup-hidup di Sorong, Ini 5 Fakta hingga Pelaku Ditangkap

5. Flag Football

Sepak bola bendera adalah olahraga tim lain yangbermanfaat bagi tubuh dalam hal membakar kalori, karena merupakan latihan yang kuat dengan semua jenis gerakan.

Bermain flag football satu babak penuh selama 40 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 363 kalori pada orang dengan berat badan 150 pon. Seseorang dengan berat 200 pon dapat membakar sekitar 484 kalori, dan orang dengan berat 250 pon dapat membakar sekitar 605 kalori, menurut MyFitnessPal.

Selain itu, laporan dari NFL FLAG menyatakan bahwa selain menurunkan berat badan, flag football juga mendukung kesehatan kardiovaskular dan tulang yang lebih baik.

6. Bersepeda

Olahraga populer ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan selain penurunan berat badan. Studi telah menemukan bahwa bersepeda dapat meningkatkan kebugaran, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan bahkan kematian.

Harvard Health Publishing melaporkan bahwa siapa pun yang mengikuti jenis latihan ini dapat memiliki kesempatan untuk membakar 210 hingga 441 kalori selama 30 menit, tergantung pada berat dan intensitas latihan mereka.

Terlepas dari kecepatan yang Anda tempuh, bersepeda adalah jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan.(cnn)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply