Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

10 Manfaat Jalan Kaki 1 Jam Setiap Hari, Termasuk Menyehatkan Sendi

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Jalan kaki setiap hari ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, seperti meningkatkan suasana hati dan menyehatkan jantung. 

Manfaat ini bisa didapatkan dengan hanya melakukan olahraga jalan kaki 30 menit saja setiap hari.

Namun, manfaat tersebut akan semakin besar jika durasinya ditambah, termasuk hingga satu jam, dan dilakukan setiap hari. 

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat jalan kaki 1 jam setiap hari untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat jalan kaki 1 jam setiap hari Olahraga secara rutin, atau setidaknya 150 menit seminggu, dapat mendukung kesehatan tubuh secara umum. 

Untuk mencapai angka tersebut, Anda bisa mulai berolahraga, termasuk jalan kaki, setidaknya selama 30 menit setiap lima kali seminggu. 

Berjalan kaki 30 menit sehari setiap lima kali seminggu dapat memenuhi kebutuhan waktu olahraga untuk mendukung kesehatan tubuh secara optimal. 

Namun, meningkatkan durasinya hingga satu jam akan memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan.

Dilansir dari WebMD, berjalan kaki dengan kecepatan yang lebih tinggi selama satu jam dapat meningkatkan usia harapan hidup hingga dua jam. 

Selain itu, ada manfaat lainnya yang akan didapatkan sehingga kesehatan akan tetap terjaga.

Disarikan dari WebMD dan Prevention, berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki 1 jam setiap hari yang akan didapatkan. 

Meningkatkan sistem imun tubuh Berjalan kaki setidaknya selama 20 menit setiap lima kali sehari sudah terbukti dapat menurunkan risiko sakit hingga 43 persen. 

Pasalnya, jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan produksi sel imun yang dapat membantu untuk melawan patogen di dalam tubuh. 

Melancarkan sirkulasi darah Jalan kaki yang dilakukan dapat meningkatkan irama denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. 

Baca Juga  Lolos dari Terkaman Buaya, Ternyata Da & Kakaknya Jawara Silat, Pukul Titik Lemah Buaya

Kondisi ini akan membantu untuk melancarkan aliran darah dan kesehatan jantung, serta menurunkan risiko stroke.

Menyehatkan sendi Sendi akan saling menekan ketika berjalan kaki yang juga akan membuat sendi terlumasi dengan cairan. 

Akibatnya, sendi akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan sehingga akan bekerja dengan lebih baik dan mengurangi rasa sakit, khususnya pada penderita arthritis atau radang sendi.

Meningkatkan kekuatan otot Berjalan kaki secara rutin, khususnya selama satu jam, sudah terbukti dapat membentuk otot kaki dan perut. 

Otot yang lebih kuat akan membuat Anda memiliki gerakan dengan jangkauan yang lebih besar dan meningkatkan kekuatan serta kesehatan tubuh secara umum. 

Menjernihkan pikiran Berjalan kaki sudah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak sehingga kemampuan kognitif juga akan meningkat. 

Bahkan, orang-orang yang rajin berjalan kaki setiap hari lebih kreatif dibandingkan dengan orang-orang yang sering duduk. 

Meningkatkan kesehatan mental Olahraga jalan kaki yang hanya dilakukan selama 1- menit setiap hari sudah terbukti dapat meningkatkan suasana hati secara signifikan. 

Manfaat yang lebih besar akan didapatkan ketika durasi jalan kaki ditambah hingga satu jam. 

Bahkan, kondisi ini dapat mengurangi gejala depresi yang ringan hingga sedang. 

Menurunkan risiko Alzheimer Salah satu penelitian yang melibatkan laki-laki berusia 71-93 tahun yang berjalan kaki lebih dari 0,25 mil, atau sekitar 38 kilometer, setiap hari memiliki risiko demensia dan Alzheimer yang lebih kecil. 

Pasalnya, olahraga jalan kaki akan menyehatkan jantung sehingga terhindar dari penyakit neurodegeneratif.

Menurunkan berat badan Jalan kaki secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap stabil. 

Pasalnya, tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme yang akan membakar kelebihan kalori dan mencegah terjadinya kehilangan otot sehingga berat badan akan berkurang.

Baca Juga  Polres Bontang Ajak Seluruh Elemen Berantas Narkoba dan Peduli Keselamatan Lalu Lintas

Meningkatkan kualitas tidur Olahraga yang dilakukan secara rutin, termasuk jalan kaki 1 jam, dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

Bahkan, berjalan kaki secara rutin sudah terbukti dapat memperpanjang durasi tidur dengan mengurangi rasa sakit dan stres sehingga tidak akan mudah terbangun di malam hari. 

Melancarkan pencernaan Berjalan kaki secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Pasalnya, jalan kaki yang dilakukan melibatkan penggunaan otot inti, atau core muscle, dan otot perut sehingga mendorong pergerakan di sistem pencernaan. Dengan memahami manfaat jalan kaki 1 jam setiap hari, Anda bisa mulai melakukan jenis olahraga yang satu ini.

Anda yang jarang berolahraga tidak perlu langsung berjalan kaki selama satu jam karena Anda bisa mulai dengan waktu yang lebih singkat dan meningkatkan intensitasnya secara bertahap untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. (Kompas.com) 

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply