Jalan Protokol Disemprot Disinfektan, Perumahan Warga Tunggu Giliran

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkartan) Kota Bontang menyemprot sejumlah ruas jalan protokol dengan cairan disinfektan, Rabu (25/3/2020). Hal ini guna mensterilkan jalan yang banyak dilalui.

Neni menyebut, kegiatan ini rencananya dilakukan beberapa hari ke depan. Mobil Damkar akan berkeliling Kota Bontang menyemprotkan cairan disinfektan dan tidak menutup kemungkinan perumahan penduduk dan gang-gang menjadi sasaran.

“Sudah Bunda instruksikan, kalau masih cukup semprot juga gang-gang warga,” katanya.Dilanjutkan Neni, sosial distancing adalah pilihan terbaik saat ini. Karena juga turut mencegah menyebarnya virus corona.

“Lebih baik berdiam di rumah saja. Kalau tak ada perlu yang penting, jangan keluar. Sama-sama kita mencegah covid-19 menyebar di Kota Bontang,” imbaunya.

Penyemprotan ini menggunakan truk damkar yang telah diisi cairan disinfektan. Dikatakan Kepala Disdamkartan, Moh Yani, dua fire truck kapasitas 4000 liter dikerahkan Disdamkartan. Satu digunakan untuk menyemprot jalan, sementara satu lagi untuk mengisi ulang air.

“Tadi ada sekitar 12 ribu liter air yang digunakan, petugas dua kali isi tadi,” katanya.

Kegiatan ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bontang. Penyemprotan yang dilakukan oleh petugas gabungan terdiri dari Disdamkartan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Polres, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang dimulai dari rumah Jabatan Wali Kota Jalan Awang Long, melewati Polres Bontang, Loktuan. Petugas selanjutnya menyusuri Jalan Brigjen Katamso, lalu berputar ke Jalan Ahmad Yani, menuju Berbas Pantai, berkeliling Rawa Indah, dan finish kembali di rumah jabatan Wali Kota.

“Ini salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, petugas gabungan ini turut mensosialisasikan social/physical distancing menggunakan pengeras suara di sepanjang jalan yang dilalui.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply