Meski Pandemi Covid-19, Kemendikbud Tetap Cari Siswa Berbakat

KITAMUDAMEDIA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap mencari siswa berbakat, khususnya mereka yang mempunyai prestasi di bidang seni, meski keadaan di tengah pandemic Covid-19. Adapun, Kemendikbud mencarinya pada kesempatan pagelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 yang digelar secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Meskipun diselenggarakan secara daring, antusiasme para peserta lomba tetap terpancar dan optimis menjadi juara,” kata Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, Asep Sukmayadi, dalam keterangannya, Jumat (2/10/2020).

Menurut dia, dengan ajang FLS2N 2020 ini menunjukkan, masih ada semangat siswa untuk meraih prestasi, meski masih ada pandemic Covid-19 “Mari kita berlomba, jangan biarkan pandemi mematahkan semangat untuk terus berkarya seni,” tutur Asep.

Dikenal Lebih Luas

Asep menuturkan, ajang FLS2N 2020 ini, diharapkan para siswa dapat menggali budaya lokal melalui karya seni, yang selanjutnya dapat diterima di tingkat global. Sehingga, para siswa dapat mencapai kompetensi tertinggi dalam suatu bidang pilihannya serta cakap dan terampil. “Sehingga kemudian dapat mengepakkan sayap untuk dikenal luas dan menjadi milik dunia,” ujar Asep.

Diketahui, tahun ini, tidak hanya peserta didik dari sekolah di Indonesia, peserta didik dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) juga mengikuti ajang ini. Dua bidang seni yang dilombakan tahun ini yaitu seni pertunjukan dan seni penciptaan. Pada bidang seni pertunjukan, peserta dapat memilih lomba baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, dan vokal solo. Sementara itu, pada bidang seni penciptaan peserta dapat memilih lomba desain poster, film pendek, kriya, dan komik digital. Selain lomba, aktivitas lain yang akan dilaksanakan pada rangkaian pelaksanaan FLS2N jenjang SMA dan SMK adalah pameran karya siswa dan konser secara virtual.

Baca Juga  Usaha Pembangunan dan Perekonomian Masyarakat Pedesaan

Sebelumnya, FLS2N jenjang SD dan SMP telah resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Naim pada 22 September 2020 sekaligus mengawali agenda bulan kreativitas seni untuk semua jenjang yang akan berlangsung secara virtual hingga 4 Oktober mendatang. (Liputan 6)

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply