Serunya Menikmati Keindahan Pantai Kurma, seperti Pulau Pribadi

PANTAI Kurma, seperti namanya lekat dengan warna cokelat keemasan dan legit. Begitu juga dengan suasana pantai di daerah Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Pasirnya kecokelatan, deburan ombak dan keindahan pepohonan dijamin mampu membuang penat setelah berhari – hari bekerja.

Pekan lalu (06/03/2021), kami mencoba menyusuri perairan Muara Badak. Untuk sampai ke pantai yang mulai menjadi buah bibir tersebut, butuh waktu sekitar 1.5 jam jalan darat dari Bontang ke dermaga Mitra Pelangi Kelapa Muda, dan sekira 15 menit berlayar ke pantai kurma.

Begitu sampai di tepian dermaga, keindahan pantai memang belum terlihat, hanya nampak hutan bakau , namun setelah berjalan kaki beberapa saat, mata kami disuguhkan pemandangan menakjubkan. Hamparan pasir yang bersih, pepohonan cemara yang berjajar, dan beberapa gazebo untuk para pengunjung.

Teristimewa, karena belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai kurma, pulau ini serasa milik pribadi. Nyaman, tenang dan damai.

Tak ingin cepat beranjak, kami memutuskan camping agar bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dan terbit. Benar saja, pemandangan elok yang tak ternilai, bulan purnama menemani malam kami, sejuknya suasana seketika hangat dengan kobaran api unggun yang seksi. 

Suasana malam di pantai Kurma

Soal keamanan, jangan khawatir, pemilik pantai menyiagakan petugas keamanan yang 24 jam berjaga – jaga. Bahkan fasilitas pun tersedia, mulai dari toilet, listrik hingga mushola.

Dari cerita pemilik pantai, Ahmad Prayoga, pantai kurma mulai dibuka sejak 2007, hanya saja belum dikelolah serius, sehingga kawasan pantai seluas 50 hektar tersebut masih nampak natural.

“Sebenarnya sudah kita buka dari 2007 cuma belum dikelola dengan serius. Nanti rencananya lokasi ini akan kami jadikan objek wisata dan belajar. Konsepnya para pengunjung nanti bisa sambil mengenal berbagai macam budidaya tumbuhan yang hidup di daerah pantai dan percontohan pengelolaan pantai tanpa merusak alam,” jelasnya.

Serunya bermain di pantai Kurma

Untuk berlibur ke pantai kurma, dijamin tak buat kantong bolong, hanya 35 ribu per orang. Sudah termasuk ongkos penyebrangan pulang – pergi dan tiket masuk. Selebihnya semua gratis.  Eiitss… hampir lupa, di pantai kurma ada vila yang  bisa disewa pengunjung, jika ingin menginap, fasilitas pun lengkap dengan Ac, harga sewanya cukup terjangkau.

Pintu masuk pantai Kurma

(Redaksi KMM)

Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply