Cara Agar Konsisten Diet Sampai Mencapai Target

KITAMUDAMEDIA – Salah satu kesulitan dalam menurunkan berat badan adalah menjalankan diet dengan konsisten. Berikut cara agar konsisten diet sampai mencapai target yang diinginkan.
Orang yang sedang diet dituntut disiplin menjalani gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan olahraga yang rutin. Jangan biarkan padatnya aktivitas membuat Anda mengabaikan makanan sehat dan melupakan waktu berolahraga.

Selain menjaga pola makan dan olahraga, kesadaran untuk menurunkan berat badan harus tertanam kuat dalam pikiran Anda.
Berikut cara agar konsisten diet sampai mencapai target

1. Buat jadwal sarapan sehat setiap hari
Banyak orang melewatkan sarapan dan memilih hanya makan sekali atau dua kali saja dalam satu hari untuk menurunkan berat badan. Padahal, sarapan penting untuk metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Sebaiknya buatlah menu sarapan harian pada ponsel dan nyalakan alarm sebagai pengingat agar tak melupakan waktu sarapan. Buatlah menu sarapan dengan kreatif.

Anda bisa menyantap oatmeal atau granola dicampur yogurt dengan topping buah. Ide menu sarapan lain adalah roti gandum dengan isi telur dan sayur atau dapat juga mengkonsumsi telur rebus.

2. Siapkan camilan sehat
Membawa camilan sehat salah satu cara agar konsisten diet terjaga. Camilan sehat membantu Anda mengurangi kebiasaan jajan makanan yang tak sehat yang dapat menggagalkan diet. Anda dapat membawa buah seperti apel, semangka, melon, alpukat atau salad untuk dijadikan camilan sehat di sela-sela aktivitas.

Anda dapat mengganti menu camilan tersebut dengan kue rendah kalori. Camilan sehat dapat dikonsumsi di antara jeda makan berat yakni sekitar pukul 10 pagi dan 3 sore.

3. Siapkan bekal sehat untuk makan siang
Selain lebih menghemat pengeluaran, membawa bekal yang dimasak sendiri juga lebih sehat dan higienis apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Membawa bekal juga dapat mencegah Anda membeli makanan yang tidak sehat seperti fast food.

Baca Juga  Konsumsi Putih Telur, Tingkatkan Imunitas Pemilik Penyakit Penyerta

Siapkan bekal dengan bahan-bahan makanan yang sehat. Ada tiga jenis beras atau nasi yang baik dikonsumsi menggantikan nasi putih yakni nasi merah, nasi hitam, dan nasi coklat.

Ketiga beras tersebut dikenal memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dan serat yang lebih tinggi ketimbang beras putih. Perut pun terasa kenyang lebih lama dan mencegah makan dalam jumlah banyak.

Siapkan juga lauk rendah kalori namun tinggi protein seperti ikan, telur, tahu, dan dada ayam. Pada lauk seperti ayam dan ikan atau daging sebaiknya disajikan dengan cara direbus atau dipanggang dan hindari menggoreng karena memiliki kandungan minyak jenuh tinggi.

Kombinasikan dengan sayur dan buah untuk memenuhi nutrisi seimbang.

4. Berolahraga secara rutin
Penurunan berat badan atau diet tidak akan signifikan tanpa dibantu olahraga. Jika tak ingin keluar rumah atau berolahraga di gym, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari panduan olahraga dari rumah.

Bergabung dengan komunitas olahraga atau berolahraga bersama teman juga dapat membantu menambah motivasi dalam menurunkan berat badan. Olahraga seperti lari, bersepeda, berenang, jalan cepat, muay Thai baik dalam membantu menurunkan berat badan.

5. Jauhi gaya hidup tidak sehat
Cara agar konsisten diet lainnya adalah dengan menjauhi gaya hidup tidak sehat. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji serta minum minuman beralkohol. Perbanyak minum air putih atau infused water agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Tulis di ponsel Anda dan buat pengingat harian agar tetap konsisten menjalani diet hingga mencapai target. (Berbagai Sumber)

Editor : redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply