Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Aktivasi MySAPK Terakhir 30 Juni 2021, BKPSDM Ingatkan ASN Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memberikan panduan awal kepada seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bontang untuk segera mengaktifkan akun MySAPK.

Disampaikan Kepala BKPSDM Bontang Sudi Priyanto, Langkah ini merupakan tindak lanjut Program Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) ASN dan PPT (Pejabat Pimpinan Tinggi) Non ASN, dengan menggunakan Sistem Informasi ASN (SIASN) dan MySAPK serta Digitalisasi Tata Naskah yang merupakan bagian dari Program Nasional Satu Data ASN.

Adapun cara mengaktifkan MySAPK adalah sebagai berikut :

  1. Aktivasi akun MySAPK dengan mengakses portal https://pdm-asn.bkn.go.id/ atau melalui aplikasi MySAPK yang diunduh pada google play store pada HP Android, paling lambat tanggal 30 Juni 2021.
  2. PNS yang lupa password MySAPK dapat memanfaatkan fitur lupa password dan menginput email yang dilaporkan ke BKPSDM Kota Bontang.
  3. PNS yang tidak bisa login/aktivasi karena email yang terdaftar tidak aktif atau tidak diketahui passwordnya, diminta mengirim data sesuai format terlampir ke email bkpsdm@bontangkota.go.id dan segera melaksanakan aktivasi.
  4. Untuk melihat email yang sudah terdaftar dapat dilihat pada https://bit.ly/EmailAktivasiMySAPK
  5. Bagi PNS yang belum mengirimkan email diharapkan segera membuat dan mengirimkan ke BKPSDM sesuai format yang diakses melalui https://bit.ly/EmailAktivasiMySAPK.

“Untuk langkah berikutnya, kita akan mengikuti panduan dan penjadwalan tahapan dari Badan Kepegawaian Negera (BKN) yang akan kami sampaikan kemudian,” tandasnya.

Pemutakhiran Data Mandiri ASN merupakan proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas data.

Skema pemutakhiran data diawali dengan penunjukan user admin instansi pada aplikasi Sistem Informasi ASN (SIASN) yang diluncurkan BKN pada Desember 2020 lalu.

Baca Juga  Mulai Agustus OPD Bontang Wajib Sumbang Telur, Upaya Penurunan Angka Stunting

Dikutip dari Buku Pedoman Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan PPT Non-ASN, SIASN adalah rangkaian informasi dan data mengenai pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh dan terintegrasi dengan berbasis teknologi yang dituangkan dalam bentuk bahasa pemrograman.

ASN nantinya dpt mengakses secara daring melalui Aplikasi MySAPK berbasis mobile Android dan website https://mysapk.bkn.go.id/ yang ditetapkan BKN sebagai otentifikasi data ASN dan PPT Non-ASN.

Terkait usul pemutakhiran data mandiri, ASN dan PPT Non-ASN bisa melakukan akses daring ke dalam aplikasi MySAPK dengan menggunakan username dan password. Setelah login MySAPK, kemudian memilih menu Update Data Mandiri pada MySAPK untuk melanjutkan proses pemutakhiran data mandiri.

Bagi pengguna android yang sebelumnya sudah mendownload aplikasi MySAPK, terlebih dahulu harus melakukan update aplikasi melalui playstore untuk mendapatkan versi aplikasi terbaru.

Kemudian jika lupa password yang lama, tinggal klik Lupa Password, input email terdaftar di MySAPK, dan PNS akan diarahkan membuat password baru dengan kode verifikasi yang dikirimkan ke email masing-masing. Untuk hal tersebut seluruh ASN diminta dukungan dan partisipasi aktifnya, dengan pendampingan dari BKPSDM dan pengelola kepegawaian di setiap Perangkat Daerah.

Diketahui, Sistem Informasi Kepegawaian Dan Fasilitasi Profesi ASN dapat menghubungi :

  • Rahmawati (Kasubbid Dokumentasi, Sistem Informasi Kepegawaian dan Fasilitasi Profesi ASN), Nomor HP/WA 08125368291, atau
  • Mohammad Imam Safi’I (Pranata Komputer Pelaksana Lanjutan), Nomor HP/WA 085258011000.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply