Makanan yang Efektif Menguatkan Daya Tahan Tubuh

KITAMUDAMEDIA – Imun tubuh yang baik bisa menangkal virus dan bakteri berkembang di dalam tubuh. Ini makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut tujuh makanan yang bantu menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jeruk
Kelompok buah jeruk atau citrus kaya akan vitamin C yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit.

Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan setiap hari.

Kelompok buah citrus yang meliputi jeruk, lemon, limau, jeruk nipis merupakan sumber terbaik untuk vitamin C.

2. Daging sapi

Satu porsi daging sapi menyediakan kebutuhan seng harian Anda. Seng bertindak sebagai faktor pendamping untuk berbagi reaksi kimia yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda vegetarian atau tidak dapat memakan daging sapi, sumber seng lain dapat Anda pilih, seperti lentil, tiram, atau tahu.

3. Ikan tuna

Ikan tuna merupakan sumber vitamin D yang baik. Jenis ikan ini juga mengandung seng. Melansir dari Live Strong, tuna adalah sumber pangan yang baik untuk mendapatkan nutrisi pembangkit tenaga dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

4. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung senyawa sulfur. Kandungan ini sangat berguna untuk sistem imun tubuh.

Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Selalu tambahkan bawang putih dalam makanan Anda, agar dapat memperkuat sistem imun.

Baca Juga  Drama Korea The Penthouse Bakal Tayang di Trans TV

5. Bayam

Bayam mengandung banyak senyawa antioksidan dan beta karoten. Keduanya diketahui dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan penyakit atau infeksi.

Sama seperti brokoli, kurangi proses pengolahan demi mempertahankan nutrisi pada bayam.

6. Jahe

Kandungan jahe dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Jahe juga dapat meredakan penyakit kronis serta menurunkan kolesterol.

Untuk mendapatkan khasiatnya, jahe dapat dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya atau dijadikan bumbu makanan.

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply