Pemerintah Harus Optimalkan Pelayanan saat Bencana Banjir Melanda Masyarakat Kota Samarinda

KITAMUDAMEDIA, Samarinda – Banjir kerap menjadi persoalan yang tidak henti-hentinya dibahas. Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan berbagai program untuk menanggulanginya, namun belum ada cara yang cukup efektif sehingga banjir masih terus berulang setiap tahunnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda M. Novan Syahronny Pase mengatakan bahwa curah hujan yang tinggi sering kali menjadi penyebab banjir di Kota Tepian. Seperti halnya banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, sebagian besar ruas jalan di Kota Samarinda terendam banjir.

“Kemarin, hampir sebagian besar wilayah Samarinda tergenang. Ketika melihat kondisi curah hujan tinggi, saya minta masyarakat untuk waspada,” ujarnya, belum lama ini di Kantor DPRD Kota Samarinda, jalan Basuki Rahmat, Samarinda.

Dalam situasi ini, ia juga meminta pemerintah untuk cepat tanggap melakukan penanganan dini. Minimal memberikan pertolongan bagi masyarakat terdampak, seperti kemudahan akses masyarakat. Baik akses tranportasi serta membeli peralatan dan makanan.

“Jika pada saat itu ada warga kita yang ingin ke bandara. Paling tidak ada peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera bergerak memberikan pertolongan dan pelayanannya,” jelasnya.

Meskipun sifatnya banjir sementara, namun OPD tersebut harus membantu masyarakat. Sebab, fungsi pemerintah itu memang hadir untuk rakyat dan membantu masyarakat yang butuh pertolongan.

“Yang kita khawatirkan itu jika pada saat malam itu banyak masyarakat yang terkejut tiba-tiba air naik. Nah ini maksud kita, peran OPD yang berkaitan dengan tupoksinya harus memberikan pelayanan,” tegasnya.

“Bisa saja ada masyarakat yang sakit, atau ingin membeli kebutuhan makan. Paling tidak, OPD bisa berkoordinasi sampai ke tingkat RT bagaimana caranya memberikan pelayanan supaya benar-benar bisa dirasakan masyarakat,” sambungnya.

Baca Juga  Rakercab Gerindra, Andi Harun Target Raih Lima Kursi pada Pileg 2024

Reporter : Dey

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply