UPZ Pupuk Kaltim Tingkatkan SDM Mualaf lewat Pelatihan Menjahit

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Pupuk Kaltim berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Mualaf di Bontang, lewat pelatihan menjahit dasar, Senin (18/11/2019) di Aula Masjid Baiturrahman. 

25 Mualaf yang terdiri dari binaan Majelis Taklim Baiturrahman, MT Nurhidayah, Muslimah NU, dan Hidayatullah diberikan pelatihan selama 10 hari terhitung sejak 18 November hingga 29 November mendatang. Nantinya, mereka akan dibekali ilmu teori dan praktek oleh Kelompok Bina Sejahtera, yang juga merupakan mitra binaan Pupuk Kaltim. 

Ketua panitia Saperi Efendi menyebut, kegiatan ini sengaja menyasar para mualaf di Bontang, mengingat mereka merupakan salah satu asnaf dalam pembagian zakat yang dilakukan oleh UPZ Baznas Pupuk Kaltim. Sehingga lewat kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan SDM dan keterampilan peserta, yang berdampak pada peningkatan perekonomian keluarga. 

“Kalau sebelumnya mereka masuk dalam golongan mustahik atau penerima manfaat zakat, selanjutnya diharapkan bisa lebih mandiri, bahkan menjadi muzakki (pemberi zakat) yang menyalurkan zakatnya kepada orang lain,” ujarnya. 

Senada, Sekretari UPZ Baznas Pupuk Kaltim Nendra mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari para karyawan Pupuk Kaltim yang setiap bulan menyisihkan zakatnya ke  UPZ untuk kemudian disalurkan kepada para asnaf (golongan penerima zakat). 

“Ini bagian dari program pemberdayaan ekonomi UPZ Baznas Pupuk Kaltim untuk peningkatan kompetensi para asnaf,” terangnya. 

Sementara, Endrang salah satu peserta asal Kelurahan Guntung merasa senang dengan adanya pelatihan menjahit dasar yang baru pertama kali ia ikuti. Endrang berharap agar pelatihan ini tak sampai disini, melainkan bertahap ke jenjang pelatihan lanjutan. 

“Senang sekali ada pelatihan ini. Insyaallah mau belajar, biar nanti bisa buka usaha jahit di rumah,” pungkasnya. (Yulianti Basri/KA)

Leave a Reply