Komplotan Pencurian Rumah Kosong Ditangkap, 2 Masih Di Bawah Umur

KITAMUDAMEDIA, Bontang – 3 ABG yang menjadi buron sejak 2019 lalu, akhirnya meringkuk di penjara. Ms (20), Jm (17), dan Is (16) ditangkap saat sedang asyik nongkrong di Gang Zambrut 4 Kelurahan Berebas Tengah, Bontang Selatan, Jumat (20/3/2020) sekira pukul 23.00 Wita.

Tiga pria pengangguran tersebut melakukan tindak pidana pencurian di salah satu rumah kosong yang sedang ditinggal mudik oleh pemiliknya, di Gang Zambrut 4 RT 45 Kelurahan Berebas Tengah, Bontang Selatan.

Kasus pencurian tersebut terjadi pada tahun lalu. Selasa (16/7/2019) sekira pukul 15.00 Wita, korban yang baru saja pulang dari luar kota, kaget melihat kediamannya dalam kondisi berantakan. Para pelaku menjarah isi rumah milik korban dengan merusak teralis belakang rumah. Mereka juga berupaya merusak jendela dan pintu rumah menggunakan linggis kecil. Hal itu diungkapkan oleh AKP Hendro Wibowo, kepada redaksi kitamudamedia.com Minggu (22/3/2020).

“Mereka sudah melakukan pengintaian selama seminggu, sebelum melakukan pencurian,” ungkapnya.

Pelaku berhasil membawa kabur 1 Buah TV 21 inch, 2 buah gitar listrik, 2 buah laptop, dan uang tunai sebesar Rp 1 juta. Berbagai peralatan bangunan juga turut digondol, diantaranya 2 buah mesin gerinda, 2 buah bor, 1 buah mesin ketam, 1 buah alat pemotong kayu, rokok berbagai merk sebanyak 10 slop, Alat tulis dan kertas, hingga 4 buah tas ransel.

“Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian sekira Rp 18 juta,” ujarnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bontang AKP Makhfud Hidayat menyebut dua diantara tiga pelaku masih di bawah umur, sehingga akan diajukan diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

Salah satu pelaku yakni Ms merupakan residivis kasus jambret, ia sebelumnya tak ditahan lantaran kala itu masih berstatus di bawah umur. Ms pun kini terancam pasal 363 KUHPidana tentang pencurian.

“Yang di bawah umur kemungkinan akan menjalani diversi, sementara satu pelaku residivis terancam 7 tahun penjara,” jelasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply