PPDB SMK/SMA Tak Ada Zonasi, Ini Katergori Siswa yang Diterima

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2021 telah dibuka sejak 9 hingga 18 Juni 2021, yang dibagi menjadi 2 jalur kategori.

Ketua PPDB SMK Negri 2 Bontang Edy Effendy mengatakan, pendaftaran dilakukan secara dua kali yakni, jalur reguler dan prestasi.

Adapun pendaftaran jalur Prestasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan anak kandung guru dibuka sejak 9-11 Juni, sementara jalur reguler dan bina lingkungan dibuka sejak 15-18 Juni 2021, pendaftaran ulang pada 22-24 Juni setelah dinyatakan lolos.

“Afirmasi kita utamakan, 30 persen untuk prestasi, 15 persen untuk gakin, 5 persennya untuk anak kandung guru, jadi jalur pertama kita utamakan jalur afirmasi dengan kuota 50 persen, nanti sisanya di reguler,” jelasnya dijambangi di SMKN2 Bontang, Kamis (10/6/2021).

Edy menjelaskan, untuk tahun ini sesuai aturan pusat tidak ada pendaftaran zona daerah, hanya saja jalur bina lingkungan, dengan kuota 10 persen.

“Jalur zona tidak ada hanya jalur bina lingkungan saja itu ada 10 persen, itu RT sekitar sekolah saja,” jelasnya.

Untuk diketahui SMKN 2 tahun 2021 menerima peserta didik kurang lebih 324 dengan jumlah 9 kelas untuk 8 jurusan dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa.

Sama halnya SMKN 2, Ketua PPBD SMAN 1 Bontang Sri Mulyati menjelaskan, untuk prosedur dan langkah-langkah mendaftar kurang lebih sama dengan SMK, terbagi dua jalur yang sama.

“Semua prosedur dan persyaratannya antara SMK dan SMA semuanya sama, langkah-langkahnya juga sama, hanya saja kalau SMA pilihannya lebih sedikit berbeda dengan SMK,” terangnya ditemui di SMAN1

Namun ada yang berbeda dari SMAN 1, yakni jalur penerimaan siswa, Sri menjelaskan sekolahnya menerima jalur inklusi atau jalur anak berkebutuhan khusus dengan kuota 7 orang sesuai persyaratan.

“SMAN1 dan SMAN3 aja yang menerima jalur inklusi, kalau kami ada 7 kuota, tapi minimal IQ harus 80-90, dibawah itu kami tidak terima,” jelasnya.

SMAN 1 tahun ini menerima 252 siswa dengan 7 ruang belajar, masing-masing kelas berisi 35 siswa.

Untuk diketahui pendaftaran PPDB Online dapat dilakukan secara langsung melalui situs web http://kaltim.siap-ppdb.com . Seluruh sekolah membuka pelayanan konsultasi di sekolah mulai pukul 08:00 hingga 13:00 Wita.

Persyaratan yang harus disiapkan oleh calon peserta didik baru yakni surat Kartu Keluarga (KK), Surat nilai SKL, Surat kesehatan, Surat lampiran Indonesia Pintar atau KSS ataupun sertifikat prestasi bagi yang memiliki.

Reporter : Iqbal Tawakkal
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply