Hobi jadi Duit, Teras Kaktus Tawarkan Beragam Jenis Kaktus dan Sukulen Cantik

KITAMUDAMEDIA, Bontang –  Di masa pandemi seperti sekarang ini, aneka macam hobi bisa menjadi peluang bisnis. Bagi yang jeli, tentu menjadi sumber pemasukan yang lumayan.

Hal tersebut yang dilakukan Rara, salah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), warga jalan Durian 2 gang Brokoli 11 RT 20 No. 48B Kelurahan Gunung Elai. Wanita 26 tahun ini gemar mengoleksi tanaman hias jenis kaktus.

Dari hobinya itu, ia beride untuk membuka usaha rumahan, berjualan tanaman hias, yang diberi nama “Teras Kaktus”.

Ia menjelaskan, ada dua jenis yang dijual yakni kaktus dan sukulen. ” Kaktus hias naik daun semasa Pandemi Covid-19. Perawatannya yang gampang, tak perlu tiap hari disiram, juga mudah dikembangbiakkan jadi banyak orang suka tanaman ini, ” paparnya. 

Media tanam yang digunakan yakni sekam bakar, batu apung, dan pasir malang. Media itu dipilih karena lebih bagus. Jika menggunakan pasir seperti tanaman biasa tidak akan bertahan lama karena menyimpan air lebih lama.

“Kaktus ini yang berduri, kalau sukulen daunnya lebih lembut atau halus. Perawatannya sama, nyiramnya seminggu sekali namun sukulen lebih rawan karena gampang kering ketika terkena sinar matahari langsung, berbeda dengan kaktus yang membutuhkan sinar matahari langsung,” ungkapnya saat ditemui di rumahnya, Minggu (18/7/2021).

Tips lain dari wanita berdarah palembang tersebut, yakni cara pemberian pupuk. Perbandingan campuran yang baik, yakni 5 pot pasir malang, 4 pot sekam bakar, 3 pot batu apung dan 2 pot pupuk kandang.

“Selanjutnya tinggal dikasih vitamin bunga aja,” jelasnya.

Harga yang ditawarkan pun relatif murah, bergantung jenis dan ukuran. Mulai dari Rp 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah lengkap dengan potnya.  Salah satu jenis yang cukup mahal adalah kaktus ownroot. 

Baca Juga  Panen Kritikan untuk Pemerintah Usai Menaikkan Harga BBM

Dalam sehari Rara mampu menjual puluhan pot kaktus dan sukulen, dengan pemasukan mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. 

“Untuk pemasarannya sendiri menggunakan media sosial Facebook, Instagram, maupun melalui Whatsapp,” tand jiasnya.

Bagi yang ingin membeli bisa langsung ke Teras Kaktus, jalan Durian 2 gang Brokoli 11 RT 20 No. 48B Kelurahan Gunung Elai. Nomor Whatsapp 085391389198 

Reporter : Lia Dewa

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply