Tak Perlu Panik, Ini Cara Menghilangkan Noda Kunyit pada Pakaian

KITAMUDAMEDIA – Kunyit banyak digunakan di dalam aneka resep menu nusantara. Ia masuk ke dalam komposisi makanan juga minuman.

Tumbuhan suku zingiberaceae ini rimpangnya digunakan untuk memberi warna kuning pada makanan, menghilangkan bau amis ikan, juga digunakan dalam ranah minuman herbal lantaran memiliki banyak kandungan antioksidan.

Kunyit kepopulerannya setara dengan jahe, bisa menyedapkan masakan juga digunakan sebagai bahan utama wedang herbal. Namun pengolahan makanan dan minuman menggunakan kunyit terkadang menimbulkan masalah.

Zat warna kuningnya mudah melekat di mana saja. Di tabung blender, di pisau dapur, di talenan, bahkan terkadang terlempar dan memercik di pakaian.

Noda kuning kunyit pada pakaian biasanya susah hilang. Meski sudah dibasuh air dan diberi deterjen.

Namun noda kunyit pada pakaian bukannya tak bisa hilang sama sekali. Ada beberapa trik khusus agar noda kuning matangnya bisa hilang.

Cara membersihkan noda kunyit pada pakaian

Ini cara membersihkan noda kunyit pada kain, seperti dilansir dari The Spruce Eats:

  1. Jangan menunggu lama
    Begitu kunyit mengenai kain, jangan menunggu waktu lama untuk membersihkannya, jangan sampai noda larutan kunyit mengering. Ketika noda sudah mengering, maka zat warna sudah melekat erat pada serat kain sehingga susah dihilangkan.
  2. Hindari air panas Jangan pernah mencuci kain yang terkena kunyit dengan air panas. Karena air panas justru akan membuat zat warna makin melekat dengan kuat. Ambil air dingin dan sabun, kemudian usapkan pada kain yang memiliki noda kuning. Hindari menguceknya agar noda tak menyebar.
  3. Untuk kedaruratan, gunakan lemon
    Jika Anda terkena sajian berbumbu kunyit di sebuah restoran sehingga Anda tak bisa membersihkan pakaian menggunakan sabun, segeralah mencari buah lemon. Peras lemon dan teteskan sari buahnya ke atas noda pada kain. Tunggu beberapa menit, baru bilas dengan air bersih. Jika Anda jauh dari pusat air yang mengalir, Anda bisa membersihkan perasan lemon ini menggunakan es batu.
  4. Gunakan pemutih
    Jika pakaian yang terkena kunyit berwarna putih bersih, Anda bisa menghilangkan nodanya menggunakan cairan pemutih. Syaratnya tentu saja, kain yang ada tahan direndam dalam cairan pemutih. Karena ada beberapa jenis kain tertentu yang rentan rusak jika direndam dalam cairan pemutih.
Baca Juga  Harga Pertamax Turbo Turun, Harga Pertalite-Solar Jadi Naik?

Empat cara di atas adalah tips membersihkan noda kunyit pada kain, baik pakaian, serbet maupun karpet.

Untuk noda kunyit yang mengenai plastik atau peralatan keramik, Anda bisa membersihkannya menggunakan baking soda.

Taburkan baking soda ke dinding gelas atau tabung blender yang terkena warna kunyit. Ratakan dan diamkan selama 15 menitan. Baru kemudian cuci bersih menggunakan air bersih. (Berbagai Sumber)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply