Jokowi Optimis Tol Balsam Mampu Percepat Perekonomian Kaltim

KITAMUDAMEDIA – Presiden Joko Widodo optimistis keberadaan fasilitas publik seperti Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) mampu meningkatkan perekonomian Kalimantan Timur. Terlebih sebagai tol pertama di Pulau Kalimantan.

“Tol Balikpapan-Samarinda ini akan mendukung perekonomian masyarakat, karena lebih mempercepat pembangunan Kaltim,” kata Presiden Jokowi, saat meresmikan penggunaan Tol Seksi I dan V di Pintu Tol Manggar, Selasa (24/8/2021).

Peresmian Tol Seksi I dan V atau lebih dikenal Tol Samboja-Balikpapan berlangsung singkat, saat tiba di lokasi. Presiden Jokowi mendapat penjelasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seputar pembangunan Tol yang sudah dibangun sejak tahun 2009.

Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Kaltim Isran Noor, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Presiden Jokowi menekan tombol sirine menandakan pembangunan Tol yang bisa memberikan dampak banyak bagi daerah dan masyarakat sudah bisa dilewati.

Tol Balikpapan Samarinda dibangun sejak tahun 2009, kemudian sesuai Perpres RI Nomor 3 Tahun 2016 termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Tol yang sudah semakin memudahkan masyarakat beraktifitas ini panjangnya 97,99 Km, terdiri Seksi I Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi II Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,30 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km) dan Seksi V ruas Sepinggan-Balikpapan Km 13 (11,09 km).

“Insya Allah, sejak pukul 02.00 dini hari nanti (Rabu (25/8/2021) dibuka untuk umum dan selama 2 pekan digratiskan,” terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (sdn/yans/humasprovkaltim).

Editor : Redaksi KMM

Baca Juga  Curi Belt Conveyor Senilai Rp 100 Juta, 4 Pria Dibui

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply