Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Hipoglikemia

KITAMUDAMEDIA – Hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar glukosa (gula darah) berada di bawah normal. Umumnya penurunan kadar gula darah kurang dari 60 mg/dl dianggap hipoglikemia. Hal ini adalah komplikasi akut pada pasien diabetes.

Dilansir dari berbagai sumber yang redaksi kitamudamedia.com kumpulkan. Terdapat beberapa penyebab Hipoglikemia seperti penggunaan insulin yang tidak teratur ataupun berlebihan pada penderita diabetes. Insulin adalah salah satu obat yang digunakan oleh penderita diabetes.

Hipoglikemia juga bisa terjadi karena kurang asupan karbohidrat yang diproses tubuh menjadi glukosa, misalnya karena puasa, terlambat makan, aktivitas fisik yang tinggi dan dapat disebabkan konsumsi alkohol berlebih dan kekurangan hormon yang bertugas mengatur produksi glukosa. Penyakit kritis tertentu seperti hepatitis, sirosis hati, atau tumor pankreas juga bisa memicu hipoglikemia.

Adapun gejala yang sering muncul pada penderita kadar gula rendah bervariasi di setiap penderita. Umumnya dirasakan adalah mudah lelah, lesu, sulit berkonsentrasi, mudah lapar, pusing dan jantung berdebar.

Semua orang juga wajib tahu tentang kadar gula rendah dan cara mengatasinya. Karena siapapun bisa berpotensi terkena apabila tidak menjaga kesehatan dengan baik. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan dapat memberi pengetahuan yang lebih untuk kesehatan diri sendiri.

Editor : Dahlia

Baca Juga  Konsumsi Putih Telur, Tingkatkan Imunitas Pemilik Penyakit Penyerta

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply