BMKG Ungkap Penyebab Gempa Jember Jawa Timur Terkini Hari Ini, Angkat Bicara Soal Isu Potensi Tsunami

KITAMUDAMEDIA – BMKG ungkap penyebab gempa Jember terkini hari ini, Senin, 13 Desember 2021, turut angkat bicara soal isu potensi tsunami.

Seperti diketahui, gempa bermagnitudo 5,3 mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur pada hari ini, pukul 12.46 WIB.

Episentrum gempa berada di 179 km kilometer tenggara Jember, 9,81 derajat lintang selatan dan 113,67 derajat bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Namun rupanya, gempa yang terjadi itu turut mengguncang berbagai wilayah, seperti wilayah selatan Jawa Timur dan Bali.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambng Setiyo Prayitno mengatakan, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Kuta III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Lalu daerah lainnya yakni Jember II-III MMI, Denpasar, Kuta Utara, Karangasem, Pacitan, Trengalek, Lumajang, Blitar, Banyuwangi, Bondowoso dan Malang II MMI.

Bambang melaporkan hingga pukul 13.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG merekomendasikan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkas Bambang.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami,” katanya. (Berita DIY)

Editor : Redaksi KMM

Baca Juga  Eksepsi PKS Ditolak, Sidang Gugatan Ma'ruf Berlanjut Agenda Pembuktian

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply