Ini 59 Jenis Perizinan Usaha yang Pengurusannya Pakai Aplikasi Daerah

KITAMUDMAEDIA, Bontang – Sebanyak 59 jenis usaha masih harus menggunakan aplikasi daerah atau perizinan digital (PD).

Koordinator Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Febtri Manik mengatakan masih ada beberapa perizinan yang masih menjadi wewenang daerah pasalnya belum terinput di aplikasi Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

“OSS-RBA ini kan masih baru jadi bertahap. Makanya masih ada izin usaha yang menjadi wewenang daerah seperti, izin dampak lingkungan lalu lintas (andalalin), izin praktek dokter, apotek dan masih banyak lainnya,” ucapnya, Kamis (9/6/2022).

Dijelaskan, meski masih menggunakan aplikasi daerah tapi prosesnya tetap sama dengan OSS-RBA. Kata Febtri, nantinya para pengusaha yang akan mengajukan izin usaha terlebih dahulu membuat rekomendasi pada OPD terkait. Misalnya, izin praktek dokter harus ke Dinas Kesehatan terlebih dahulu.

“Kalau surat rekomendasinya terbit, akan di proses di DPMPTSP dan persyaratan yang lain juga sudah lengkap maka langsung terbit,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki usaha dan belum memiliki izin diharapkan bisa datang langsung ke DPMPTSP.

“Customer service kami pasti akan membantu,” ujarnya.

Sebagai informasi, Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) merupakan Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama Menteri, pimpinan lembaga, Gubernur, atau Bupati/Wali Kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

OSS digunakan dalam pengurusan izin berusaha oleh pelaku usaha dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Berbentuk badan usaha maupun perorangan.
  2. Usaha mikro, kecil, menengah maupun besar.
  3. Usaha perorangan/badan usaha baik yang baru maupun yang sudah berdiri sebelum OSS berlaku efektif.
  4. Usaha dengan modal yang seluruhnya berasal dari dalam negeri, maupun usaha yang terdapat komposisi modal asing.
Baca Juga  Pengamanan Polres Bontang Diperketat, 300 Personel Siaga

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply