Serius Tangani Banjir di Kota Samarinda, Angkasa Jaya Minta Pemerintah Benahi Drainase

KITAMUDAMEDIA, Samarinda – Wali Kota Samarinda harus benar-benar serius terhadap masalah banjir yang terjadi di Kota Tepian. Sebab, pengentasan dan pengendalian banjir merupakan salah satu janji daripada mantan Legislator Karang Paci itu. 

Menanggapi itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda Ir Angkasa Jaya Djoerani merasa pembenahan harus dilakukan pemerintah kota mulai dari hal yang dianggap sebagian orang sangat sepele.

Pasalnya, kebanyakan orang hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur jalan. Sehingga, melupakan aliran air itu seharusnya mengalir kemana. Maka dari itu, sangat penting untuk memikirkan pembangunan ataupun perbaikan infrastruktur drainase.

“Kalau masalah banjir di Samarinda, saya itu ngomongnya selalu bagaimana adanya pembenahan pada drainase, sungai dan paret-paret,” ujarnya, di Sekretariat DPRD Kota Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda.

Politikus PDI Perjuangan ini pun tak henti-hentinya mengingatkan bahwa perbaikan dan pembangunan drainase maupun normalisasi sungai sangat penting. Pasalnya, ini merupakan cara untuk mengurangi banjir di Kota Samarinda. 

Bahkan Angkasa Jaya mengakui bahwa sejak dilantik sebagai Anggota DPRD Kota Samarinda priode 2019-2024, ia tidak pernah mengubah cara pandangnya terhadap penanganan banjir di Kota Samarinda.

Pemerintah Kota Samarinda diminta fokus pada penanganan drainase dulu, agar air dapat mengalir dengan leluasa. Karena jika terhambat, itulah yang membuat air tergenang dijalan-jalan dan akhirnya menyebabkan banjir.

“Saya tidak pernah merubah cara pandang ini sejak dilantik, pembenahan drainase dan normalisasi sungai itu adalah cara untuk menangani banjir,” tuturnya.

Semenisasi jalan dianggap Angkasa Jaya bukan salah satu cara untuk mengentaskan banjir di Kota Samarinda. Menurutnya, air butuh tempat mengalir. Maka yang harus dibenahi adalah saluran airnya.

“Saya tidak cenderung ke semenisasi jalan. Justru kalau ada aspirasi masuk ke saya, ‘pak ini mau disemen, pasti saya tolak’. Saya katakan, lebih baik kita bangun dan perbaiki drainase,” tegasnya.

Baca Juga  Bangkitkan Sektor Parekraf, Hetifah Lirik Potensi Malahing jadi Desa Wisata

Angkasa Jaya tegas menyatakan telah berkomitmen untuk memperbaiki saluran air, drainase dan paret-paret yang masih baru di Kota Tepian. Ini merupakan salah satu bentuk agar banjir di Samarinda berkurang. 

“Saya berkomitmen dan akan terus menggaungkan hal ini, saya ingin sungai atau kanal-kanal di Samarinda segera dinormalisasi,” terangnya.

Reporter : Dey

Editor : Kartika Anwar 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply