Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AC Inverter

KITAMUDAMEDIA – Jika kamu berencana untuk membeli AC atau mengganti AC lama yang sudah rusak, AC jenis inverter bisa menjadi pilihan. Teknologi pada AC inverter dipercaya lebih hemat energi dibandingkan dengan AC non-inverter.

AC inverter dapat mengontrol suhu suhu ruangan sesuai yang kita inginkan. Saat ruangan sudah mencapai suhu yang sesuai, mesinnya tidak akan mati dan hanya mengurangi laju pendingin. 

Meskipun AC inverter memiliki berbagai keunggulan, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki AC ini sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah.

Dikutip dari Green Leaf Air, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan AC inverter yang perlu kamu pertimbangkan.

Kelebihan AC inverter

 1. Hemat listrik

Karena kompresor AC inverter tidak hidup dan mati secara teratur, maka tidak banyak mengkonsumsi listrik.

Pada AC split atau window biasa, saat kompresor nyala AC mengkonsumsi listrik dalam jumlah yang signifikan.

Sebaliknya pada AC inverter, kompresor hanya menyala ketika kamu menghidupkan seluruh sistem HVAC.Ini membuat konsumsi listrik lebih sedikit dan kamu dapat menghemat tagihan listrik.

2. Tidak menimbulkan suara bising

Jika kamu menggunakan AC split, kamu mungkin akan mendengar suara kebisingan dari AC akibat dari mesin dan kompresor. Namun pada AC inverter, pengoperasiannya kedap suara karena kompresor tidak hidup dan mati secara teratur.

Ketika evaporator lebih dingin dari suhu ruangan yang diinginkan, kompresor akan diperlambat atau dihentikan dengan kipas dalam ruangan yang menyala.

3. Pendinginan merata dan cocok untuk semua jenis kamar

Jika kamu tidak mendapatkan suhu dingin yang merata pada ruangan, mungkin kamu perlu mengganti AC mu dengan AC inverter.

Ac inverter dapat mendistribusikan udara dingin ke seluruh ruangan tak peduli kecil atau besar ruangan yang kamu miliki. Ruangan akan dingin merata sehingga menjadi lebih nyaman.

Baca Juga  45 Anggota PPS Kota Bontang Resmi Dilantik, Diminta Bekerja Sesuai Regulasi

4. Dapat digunakan dengan tenaga surya

Banyak AC split tidak beroperasi dengan tenaga surya. Itu sebabnya banyak pemilik rumah yang memiliki tenaga surya di rumahnya menghadapi masalah dalam memasang AC.

Namun dengan AC inverter, kamu tidak perlu khawatir lagi karena AC inverter dapat bekerja dengan lancar dengan energi matahari.

Kekurangan AC inverter

 1. Harganya lebih mahal Dibandingkan dengan AC split atau window, AC inverter sedikit mahal karena dilengkapi dengan fitur unik. Namun, kamu bisa menjadikan ini sebagai investasi. 

2. Biaya perbaikan Tinggi Jika kamu perlu memperbaiki AC inverter, kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang dibandingkan dengan AC biasa.

Salah satu alasan utama di balik ini adalah AC inverter memiliki struktur yang kompleks, dan memerlukan teknisi HVAC yang sangat profesional untuk memperbaikinya. (Kompas)

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply