Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U17: Jaga Kepercayaan, Jangan Ulangi Kesalahan

KITAMUDAMEDIA – Indonesia mendapat kesempatan kedua dari FIFA. Setelah gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, Indonesia kini dipercaya menggelar Piala Dunia U17 2023. Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 diumumkan di laman resmi FIFA pada Jumat (23/6/2023) malam WIB.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang disebutkan dalam pengumuman tersebut. 

Dalam rilis sama, FIFA juga menyebutkan negara-negara lain yang akan menjadi tuan rumah berbagai turnamen FIFA. 

“Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024,” demikian pernyataan resmi FIFA.

Adapun penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 merupakan keputusan susulan yang diambil setelah FIFA menarik status tuan rumah dari Peru pada 3 April lalu. 

Peru yang semula dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 dinilai tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen. 

Oleh karena itu, FIFA selaku pemegang otoritas tertinggi sepak bola dunia mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 setelah berdiskusi dengan pemerintah negara Amerika Selatan tersebut. Kini, FIFA menyerahkan kepercayaan tersebut kepada Indonesia yang sebelumnya juga pernah melalui drama pencabutan status tuan rumah.

Jaga Kepercayaan, Jangan Ulangi Kesalahan Indonesia juga pernah melalui drama pencabutan status tuan rumah ketika bersiap menggelar turnamen FIFA lainnya, yakni Piala Dunia U20 2023. 

PSSI bersama panitia lokal telah melakukan segala persiapan untuk menyukseskan turnamen yang melahirkan banyak bintang sepak bola dunia itu. Bahkan, perwakilan FIFA juga sudah beberapa kali datang ke Indonesia untuk melakukan inspeksi dan meninjau kelayakan enam stadion yang dipersiapkan menjadi venue pertandingan.

Baca Juga  Soal Rapat dengan Kursi Kosong, Kepala Disnaker Minta Maaf

Pada saat bersamaan, para pemain timnas U20 Indonesia terus bersiap agar bisa tampil maksimal dan membanggakan pencinta sepak bola Tanah Air. 

Namun, beberapa bulan sebelum kompetisi dimulai, muncul sejumlah penolakan terhadap salah satu peserta, yakni Israel.

Dua sosok politikus, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menentang kehadiran Israel di Tanah Air walau telah menandatangani Host City agreement.

Hal itu membuat agenda drawing yang semula dijadwalkan berlangsung di Bali pada 31 Maret 2023 batal digelar. 

FIFA secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 meski PSSI melalui Ketua Umum Erick Thohir sudah melakukan beberapa upaya untuk tetap bisa menggelar turnamen. 

Pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah membuat banyak pihak terpukul, terutama para atlet yang sudah menggantungkan mimpi besar pada ajang Piala Dunia U20 2023. Tak hanya itu, semua stakeholder yang terlibat mulai dari pedagang di stadion sampai penyedia hotel pun terpengaruh.

Di samping itu, perdebatan soal penolakan Israel sebagai salah satu peserta Piala Dunia U20 2023 terus terjadi hingga perlahan menghilang. 

Saat ini, Indonesia yang sempat batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 kembali mendapatkan kepercayaan dari FIFA untuk menggelar Piala Dunia U17 2023. Bagi Indonesia, ini menjadi kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Indonesia juga tak boleh mengulangi kesalahan yang bisa membuat FIFA mencabut status tuan rumah dari genggaman Ibu Pertiwi. Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun menyadari hal tersebut. Menurut dia, penting untuk menjaga dan membuktikan kepercayaan FIFA.

Erick Thohir mengatakan bahwa hal terpenting saat ini adalah melakukan persiapan sebaik mungkin agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik. “Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” kata Erick Thohir saat menanggapi penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Baca Juga  6 ODP Klaster KPU di Bontang Negatif Corona

“Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan,” imbuhnya. Ketika Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023, penolakan terhadap Israel diperkirakan menjadi faktor utama. 

Saat ini, hal serupa tak akan terjadi dalam persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Sebab, Israel sudah dipastikan tak lolos ke putaran final Piala Dunia U17 2023 setelah mereka tak ikut tampil pada Piala Eropa U17. 

Padahal, Piala Eropa U17 merupakan ajang kualifikasi bagi para anggota UEFA untuk tampil pada putaran final Piala Dunia U17 2023 Terkait infrastruktur stadion Tanah Air, PSSI dan jajarannya telah berulang kali menyatakan kesiapan menggelar turnamen sesuai dengan standar yang telah ditetapkan FIFA.(kompas)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply