Quick Count Kompas 60%: Prabowo Unggul 60,65%, Ganjar Ketiga

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Litbang Kompas mengeluarkan quick count atau hitung cepat Pilpres 2024 pada Rabu (14/2). Hingga pukul 15.57 WIB, total suara sementara yang masuk sebesar 60,65 persen.

Hasil hitung cepat Litbang Kompas sementara menunjukkan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul sementara dengan raihan 59,44 persen suara.

Sedangkan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 23,85 persen suara. Sementara paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 16,71 persen suara.

Proses penghitungan cepat Litbang Kompas masih terus berjalan hingga suara dari seluruh provinsi masuk 100 persen.

Dalam quick count kali ini, Litbang Kompas hanya mengambil sampel berdasarkan pemilih dalam negeri saja, sehingga jumlah populasi yang digunakan adalah 203.056.748 pemilih.

Pemilih itu tersebar di 38 provinsi dengan 2.000 TPS sampel di seluruh Indonesia atau tepatnya berjumlah 502.022 DPT.

Margin of error hitung cepat dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 1 persen.

Litbang Kompas dalam hal ini juga sudah terdaftar dan terverifikasi sebagai salah satu dari 83 lembaga survei atau jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun yang perlu diingat, hasil hitung cepat berasal dari survei dan bukan hasil perhitungan resmi. Jumlah suara resmi tetap menunggu perhitungan suara manual oleh KPU.

CNN Indonesia dalam Pemilu 2024 kali ini bekerja sama dengan enam lembaga survei untuk menampilkan hasil quick count. Yaitu, Litbang Kompas, Politika Research and Con sulting (PRC), Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Indonesia (LSI), serta Voxpol Center Research & Consulting.(CNNIndonesia) 

Editor : Redaksi 

Baca Juga  Najirah Gelar Jumat Bersih, Langkah Cepat Atasi Banjir

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply