Ikuti FLS 2019, SMP Negeri 6 Bontang Melaju Ke Nasional

KITAMUDAMEDIA, Bontang –  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Bontang berhasil melaju ke tingkat nasional pada lomba  Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 pada cabang lomba Esai.

Salah satu siswanya yang menjadi finalis FLS di Jakarta pada tanggal 25- 29 Juli 2019 mendatang adalah Nur Augina Faras siswa kelas IX.  Gina, berhasil mewakili Kalimantan Timur dengan esai berjudul,”Mitos Pohon Ulin dan Burung Enggang sebagai Jalan Pelestarian Alam”.

Bagi Gina tidak mudah menyelesaikan penulisan esai tersebut ditengah keterbatasan fasilitas. Dibutuhkan waktu sekira 3 bulan, mulai dari penentuan judul, penyusunan artikel,  editing, hingga konsultasi pada guru pembimbing.

Pada lomba yang diikuti oleh perwakilan dari 30 Provinsi se Indonesia, Gina optimis akan mengharumkan nama Kaltim dengan target  lima besar.  Selain itu Gina juga berharap ajang kompetisi ini dapat menumbuhkan rasa cinta dalam melestarikan nilai tradisi yang berakar pada budaya dan rasa Bhineka Tunggal Ika yang semakin kuat, serta terwujudnya sikap nasionalisme, kerja sama dan toleransi.

Festival Literasi bertujuan meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di bidang bahasa, seni, budaya, dan sastra yang berasaskan pendidikan karakter. Menggali dan menumbuhkan kemampuan literasi peserta lomba, terutama di bidang lomba FLS. Memotivasi sekolah agar berperan aktif dalam memfasilitasi peserta didik agar meningkatkan prestasi belajar pada bidang bahasa, seni, budaya, dan sastra. Membina dan memacu kreatifitas peserta sebagai sarana promosi bakat dan minat peserta didik. Mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama, dan sportivitas dalam diri peserta didik yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan budaya dan sastra Indonesia.

Cabang yang dilombakan dalam FLS SMP tahun 2019 terdiri atas lima cabang seni, yakni; Lomba Cipta Cerpen, cerita berbahasa inggris Story Telling, pantun, menulis Esai dan cipta Puisi. (KA)

Leave a Reply