Mitigasi Bencana, 5000 Bibit Mangrove Ditanam Di Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – 5000 batang pohon mangrove ditanam di kawasan hutan mangrove Kota Bontang dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2019.

Penanaman dilakukan tersebar dibeberapa titik, 1000 bibit ditanam di Mangrove Berbas Pantai, sementara 4000 bibit lainnya ditanam di kawasan ekowisata Mangrove Tanjung Laut Indah.

Kota Bontang terpilih sebagai salah satu dari 12 Daerah di Indonesia yang ditunjuk untuk melaksanakan gerakan peduli mangrove, pemulihan DAS dan Kampung Hijau Sejahtera, sekaligus memperingati Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2019.

Kegiatan penanaman mangrove  yang berlangsung Rabu pagi ( 7/8) ini merupakan kegiatan tahap ketiga yang dilaksanakan secara serentak di 12 provinsi, sementara di tingkat Provinsi Kalimantan Timur, dipusatkan di Kota Bontang.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menyebut, kegiatan ini sejalan dengan misi Pemerintah kota yakni green city.

“Terimakasih dan selamat datang di Bontang. Tentu kita sangat menyambut baik kegiatan ini karena mangrove memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, yaitu penghasil O2 dan penyerap CO2, serta pelindung erosi dan abrasi air laut” terangnya.

Kepala BPDASHL Mahakam Berau Sudaryanto mengatakan, kegiatan penanaman pohon saat ini sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban, sehingga penanaman secara serentak yang dilakukan, merupakan bentuk kontribusi besar dalam langka mitigasi untuk mengendalikan perubahan iklim di dunia.

“Kita tidak hanya menyelamatkan bumi, tetapi juga menjaga keanakeragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air, serta memberikan oksigen bagi kehidupan.

Senada, melalui Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2019, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur Amrullah, mengajak seluruh unsur pemerintah maupun masyarakat untuk menggelorakan semangat menanam mangrove.

“Perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove,” ujarnya.

Baca Juga  Pertama Kali Digelar, Gerak Jalan Kirab Pemuda Sejauh 5 Kilometer

Penanaman bibir mangrove turut dilakukan oleh Istri Gubernur Kalimantan Timur sekaligus Ketua PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor, perwakilan Pangdam VI/Mulawarman, perwakilan Kapolda Kaltim, Wali Kota Bontang, Jajaran Organisasi Perangkat Daerah, dan Forkopimda kota Bontang.

Sebagai informasi,  mangrove yang ditanam yakni 2500 batang jenis Rhizophora mucronat, 1000 batang jenis Rhizophora aviculata, 750 batang mangrove jenis Ceriops tagal dan bruguera gymnorrhiza sebanyak 750 batang. (JW/KA)

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply