Keberangkatan Haji Tahun 2021 Kembali Gagal, Jemaah Asal Bontang Sedih

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bontang memastikan tidak memberangkatkan 144 calon jemaah haji tahun 2021.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan haji dan penyelenggara ibadah haji 1442 H/2021 M yang ditetapkan pada 3 Juni 2021.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Bontang, Najamuddin membenarkan jika tahun ini calon jemaah haji kembali gagal berangkat akibat pandemi Covid-19 yang masih melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

“Hampir semua negara tidak bisa masuk, kebetulan kita juga memang tidak dapat kuota dari Arab Saudi,” ujarnya saat dihubungi redaksi kitamudamedia.com, Kamis (3/6/2021).

Sementara itu, ia menjelaskan saat ini arab saudi memutuskan untuk melakukan pembatasan jemaah haji. Hanya warga Arab Saudi dan WNA yang bermukim di sekitar yang diizinkan menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Yang bermukim itu ada sekitar 45 ribu orang boleh masuk tapi itupun masih belum valid,” jelasnya

Darnah, salah satu calon jamaah haji asal Loktuan mengatakan dirinya sudah mempersiapkan segalanya, namun tahun ini kembali tidak jadi berangkat. Tapi ini sudah menjadi kebijakan pemerintah dan demi melindungi masyarakat dari virus corona.

“Sedih dan kecewa tentu, soalnya saya sudah daftar dari tahun 2011. Tapi apa yang bisa dilakukan sekarang? Ini sudah takdir Allah. Semoga pandemi ini segera betakhir,” kata Darnah.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Sempat Ditahan, Polres Bontang Pulangkan 7 Warga Berbas Pantai, 1 Tetap Ditahan atas Kasus Sajam

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply