Gelar Inspiratif Expo, Diskominfo Ajak Masyarakat Melek Teknologi

KITAMUDAMEDIA, Bontang –  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang terus mengajak masyarakat untuk melek teknologi di era digital saat ini. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai media sosialisasi termasuk gelaran event Inspiratif Expo yang berlangsung Jumat pagi (9/8/2019) di halaman Taman 3 Dimensi.

Diskominfo memperkenalkan berbagai aplikasi layanan masyarakat yang dapat mempermudah warga Bontang mengakses  dan mendapatkan informasi terhanyar.

Salah satunya melalui pendekatan seni budaya, pertunjukan opera cerita tradisi Bandung Bondowoso yang dimainkan siswa – siswi SMK Negeri 1 Bontang, dibawah asuhan Apris Triatmiko. Termasuk pertunjukan tari – tarian daerah.

Opera Bandung Bondowoso

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang Drs. Dasuki, M.Si mengatakan sosialisasi ke masyarakat sengaja dibuat tidak kaku, agar pesannya tersampaikan.  Beberapa aplikasi dapat memudahkan masyarakat untuk mendapat informasi dari pemerintah, misalnya Si’mbak (Sistem Informasi Sembako) dimana masyarakat dapat melihat harga dan stok sembako di pasaran.

“Sosialisasi itu tidak melulu dalam ruangan, kita mau santai. Misalnya lewat pagelaran seni budaya kita selipkan informasi tentang website resmi www.ppid.bontangkota.go.id termasuk semua aplikasi yang ada di dalamnya,” paparnya.

Dasuki mengajak masyarakat untuk merubah prilaku sehari – hari dari era manual ke digital, sehingga mengakses internet menjadi gaya hidup.

” Masyarakat bisa akses macam – macam informasi, kalau mau tau tentang anggaran sekolah tinggal akses portal www.ppid.bontangkota.go.id disitu dokumen terbuka, sehingga para orang tua bisa melihat dokumen sekolah jika ada keperluan,”jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bontang, Basri Rase berharap Diskominfo dapat menjadi inspirator dalam membangun Indonesia, dengan mempunyai portal dan 103 aplikasi.

” Ayo kita sebarkan, beritahukan kepada kerabat kita dan semua orang kalau Kota Bontang sudah ada portal, bisa diakses kapanpun dengan berbagai informasi lengkap,” kata Basri.

Pertunjukan tari daerah

Mengusung tema sampaikan informasi walau satu kata, acara tersebut sukses membuat pengunjung terkesima dengan penampilan treater, musik jogja, tari,nyayian, doorprize dan pemeriksaan kesehatan gratis. (JW/KA)

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by