Pedagang Makanan di Pasar, Diskop UKMP : Hindari Bahan Kimia

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop UKMP) Bontang, Senin (25/11/2019) memberikan edukasi kepada para pedagang olahan makanan dan minuman di Pasar Telihan, Bontang Barat.

Pembinaan dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen, mengingat Pasar Telihan juga merupakan salah satu pasar tradisional, yang ditetapkan oleh Pemkot Bontang sebagai pasar sehat.

“Kita berupaya mewujudkan pasar aman. Aman dari bahan-bahan berbahaya seperti boraks, formalin, pewarna makanan, hingga zat pencemar bakteri,” terang Kasi Pengembangan Dalam Negeri Diskop-UKMP Bontang, Doddy Rosdian.

Ditambahkan Doddy, usai memberikan edukasi, Rabu mendatang Diskop UKMP akan kembali turun ke lapangan untuk mengambil sampel olahan makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang.

“Nanti Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda akan mengambil sampel, selanjutnya hasilnya akan dikoordinasikan dengan kami, untuk kemudian ditindaklanjuti,” tambahnya.

Para pedagang pun diimbau untuk jujur dalam menjajakan dagangannya. Pedagang diminta tidak mencampur bahan kimia ke dalam makanan.

“Memang dampaknya tidak langsung tapi jangka panjang. Oleh Karena itu sajikan makanan sehat dan bersih,” pungkasnya. (Yulianti Basri/KA)

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by