Pelajar SMP Negeri 6 Wakili Bontang Dalam Ajang Olimpiade Penelitian Siswa se-Indonesia

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pelajar SMP Negeri 6 Kota Bontang Azizah Nur Aini dan Muhammad Aqil Rizki lolos sebagai Finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tingkat Nasional. Mereka mewakili Provinsi Kalimantan Timur, bersama finalis lainnya dari SMP Negeri 2 Samarinda.

Dari 867 hanya 102 naskah OPSI yang terpilih sebagai finalis. Tiga puluh empat finalis untuk penelitian bidang IPA, 34 Teknologi Rekayasa dan 34 IPS & Seni.

Tim dari Kota Bontang meneliti dalam bidang IPS dan Seni dengan judul, ”Pengaruh Ekstrakurikuler Tari Kalimantan Terhadap Kepedulian Siswa Akan Budaya Lokal”. Azizah Nur Aini dan Muhammad Aqil Rizki kini tengah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk mengikuti final.

“Keberhasilan siswa kami Sebagai finalis ini tak terlepas dari peran guru pembimbing yang penuh kesabaran memberi perhatian dan peluang kepada siswa yang berminat dalam bidang penelitian,” terang Kepala SMP Negeri 6 Kota Bontang Mukono.

Adapun yang melatar belakangi penulisan karya ilmiah kami ini karena terinspirasi dari acara pekan budaya yang didukung oleh PT Pama Persada Nusantara. PT Pama Persada Nusantara juga memberi kontribusi untuk penampilan siswa SMP Negeri 6 saat final lomba nanti.

Menurut Department Head CSR PT Pama Persada Bontang selalu mendukung pelestarian budaya lokal terutama untuk generasi muda. Hal itu juga dibuktikan lewat kontribusi perusahaan terhadap pelaksanaan pekan budaya di SMP Negeri 6 pada tahun 2018 lalu.

” Harapannya dengan penelitian yang dilakukan dapat menumbuhkan kepedulian dan kecintaan terhadap pelestarian budaya lokal,” katanya.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP merupakan ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa ditingkat Nasional. Kegiatan penelitian siswa tersebut telah berlangsung sejak tahun 2005 dan menjadi ajang lomba yang cukup bergengsi di kalangan pelajar.

OPSI memiliki tujuan meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang penelitian yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius, integritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong.

Selain itu, OPSI juga bertujuan meningkatkan apresiasi siswa terhadap inovasi, invensi dan daya cipta dalam IPTEKS dan menumbuhkan rasa ingin tahun. Nantinya, final lomba OPSI akan berlangsung di Hotel El Royale, Kelapa Gading, dari 26 sampai 30 November 2019. (Yulianti Basri/KA)

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by