Cegah Virus Korona, Bandara APT Pranoto Samarinda Dipasangi Thermal Scanner

KITAMUDAMEDIA – Untuk mencegah masuknya virus korona, alat pendeteksi panas tubuh (thermal scanner) dipasang di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur. Jika seorang penumpang terindikasi panas tubuhnya melebihi batas normal, akan segera terdeteksi petugas kantor kesehatan bandara.

Koordinator Kantor Kesehatan Bandara APT Pranoto, Heru Sasongko mengatakan, thermal scanner sudah sejak November 2019 dipasang di bandara. Namun, alat tersebut baru difungsikan pekan lalu karena ketiadaan tenaga teknis untuk mengoperasikannya.

“Alatnya sudah lama 2019 tepatnya November. Namun, kita fungsikan sekarang karena secara teknisinya belum ada,” ujar Heru yang dilansir dalam okezone.com.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada tenaga teknisi yang mampu mengoperasikan thermal scanner setelah dilatih terlebih dahulu.

“Sekarang sudah ada teknisinya, sudah dipasang, ada beberapa teman-teman yang dilatih, termasuk saya,” ucapnya.

Sejak dipasangnya alat tersebut, petugas bandara kini belum menemukan indikasi penumpang terjangkit virus korona. Meski begitu, petugas kesehatan bandara tetap bersiaga mengantisipasi berbagai kemungkinan yang ada.

Editor : Yulianti Basri

Baca Juga  DPRD Bontang Usulkan Anggaran Banjir 10 Persen dari APBD, Periode Lima Tahun

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply