Gelar Lomba Penyuluhan Pokja IV Kecamatan Bonsel, Tanjung Laut Jadi Jawara

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Enam peserta dari perwakilan enam kelurahan yang ada di Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (5/3/2020) mengikuti lomba penyuluhan Pokja IV, yang dilaksanakan di Sekretariat TP PKK Kecamatan Bontang Selatan Jalan Selat Karimata.

Kegiatan yang menitikberatkan peran kader dalam rangka menggerakkan masyarakat agar membawa balitanya ke posyandu untuk menuju Kalimantan Timur sehat tahun 2022, dikatakan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Bontang Selatan Azis dilaksanakakan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK.

“Ini tahapan awal untuk selanjutnya menuju lomba ke tingkat kota, provinsi bahkan nasional,”ujarnya.

Lomba ini merujuk pada beberapa indikator penilaian diantaranya penguasaan materi, penguasaan media, intonasi, improvisasi, hingga kecakapan para peserta dalam unjuk kebolehan.

Dian Arie Susanti perwakilan dari Dinas Kesehatan berharap lewat kegiatan ini para orang tua dapat lebih memahami pentingnya membawa bayi dan balita ke posyandu.

“Semoga para kader bisa lebih semangat mengajak masyarakat untuk ke posyandu,” ujarnya.

Sementara, Ketua Kader Posyandu Berseri 8 Kelurahan Tanjung Laut Bontang Selatan Rina Machliany Rangkuti menilai masih banyak orang tua yang belum memahami dan kurang menyadari pentingnya untuk datang ke posyandu, salah satunya juga didasari dengan alasan tidak adanya waktu. Sehingga kunjungan ke posyandu masih terbilang rendah, padahal seharusnya berada di atas 50 persen.

“Makanya kita terus menekankan untuk datang ke posyandu, selain lebih dekat dengan rumah, juga lebih mempermudah mendapat informasi tentang tumbuh kembang anak,” terangnya.

Adapun pemenang lomba penyuluhan Pokja ini juara 1 yakni Kelurahan Tanjung Laut disusul Berbas Pantai sebagai juara 2, sementara posisi ketiga diisi oleh Kelurahan Bontang Lestari. Sementara juri dalam lomba tersebut yakni perwakilan dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Bontang Selatan 1 dan 2, serta dari Puskesmas Bontang Lestari.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply