Musrenbang RKPD 2020, Neni : APBD Harus Sesuai Program Strategis

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020, resmi dibuka oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Selasa (10/3/2020) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota. Musrenbang tersebut dihadiri oleh perwakilan anggota DPRD Kota Bontang, perwakilan TNI-Polri, seluruh Camat dan Lurah di Kota Bontang, dan perwakilan perusahaan di Kota Bontang.

Agar sinergi, ia menyebut APBD Kota Bontang ke depan harus disesuaikan dengan program strategis (pemerintah) provinsi dan nasional. Neni menegaskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 jelas tertuang dalam Perda Nomor 3 Tahun 2016.

“Visinya menguatkan Bontang sebagai kota maritim, berkebudayaan industri, memiliki sumber daya manusia yang baik untuk kesejahteraan masyarakat dengan mengusung konsep green city dan smart city,” jelasnya.

Ada lebih dari 3000 usulan yang diakomodir dalam Musrenbang tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bontang, Amiruddin Syam.

“Semuanya akan kita selaraskan dengan pokok pikiran masyarakat yang diserap, dan memadukan dengan rencana kerja perangkat daerah,” terangnya.

Untuk menentukan prioritas program pembangunan, pemerintah tetap akan berpijak pafa fokus perencanaan RPJMD yang telah disusun hingga tahun 2021.

“Hasil penyempurnaan rancangan RKPD Kota Bontang tahun 2021 akan menjadi pedoman penyusunan renja (rencana kerja) perangkat daerah tahun 2021,” katanya.

Reporter : Yulianti Basri

Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply