Ratusan KK Tak Punya Jamban, Kelurahan Tanjung Laut Indah Giatkan Gerakan Stop BAB Sembarangan

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Sekitar 97 rumah yang terdiri dari 119 kepala keluarga, di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan hingga kini masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Warga sekitar mayoritas bermukim di wilayah pesisir dengan rumah yang kebanyakan berada di atas perairan, diantaranya RT 11, 12, 14, dan RT 16. Hal itu diungkapkan oleh Lurah Tanjung Laut Indah, Muhammad Adnan.

“Memang diakui kesadaran terhadap kebersihan lingkungan masih kurang,” ungkapnya.

Kelurahan pun berupaya untuk menggiatkan sosialisasi perihal pentingnya tidak buang air besar sembarangan. Selain berdampak pada lingkungan, juga dapat berpengaruh pada kesehatan.

“Untuk merubah kebiasaan ini memang sulit, tapi terus kita dorong, kita juga akan berupaya kalau bisa ada bantuan fasilitas pengadaan jamban, baik dari anggaran pemerintah atau lewat CSR perusahaan,” jelasnya.

Namun, yang menjadi permasalahan dikatakan Lurah Tanjung Laut Indah, beberapa masyarakat, kesulitan untuk tidak lagi BABS, lantaran status rumah yang ditempati, masih menyewa. Sementara beberapa pemilik rumah juga keberatan jika harus diubah atau dipasangi jamban.

“Masih banyak yang seperti itu, meskipun gratis, itu jadi tugas kita untuk memberikan pemahaman,” ujarnya.

Adnan pun mengajak seluruh warganya, utamanya yang masih BABS, agar segera merubah kebiasaan tersebut, demi kebaikan bersama. “Kesadaran dari warga sangat penting, untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh BABS,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  19 Pengedar Sabu Terjaring Operasi Antik Mahakam, BB 68,74 Gram

Ikuti Fans Page Kami

2 Comments

  1. Brianjaw Maret 26, 2020
  2. Jameslow April 25, 2020

Leave a Reply