Satu Warga Samarinda Positif Corona

KITAMUDAMEDIA – Satu warga Samarinda, Kalimantan Timur, dinyatakan positif virus corona atau Covid-19, Rabu (18/3/2020). Pasien positif tersebut kini sedang dalam perawatan intensif di RSUD Abdul Wahab Sjahranie.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi membenarkan informasi tersebut. “Ya benar,” ungkap Hadi dilansir dari Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi Muhammad Ishak juga membenarkan informasi tersebut. “Tunggu Pak Gubernur saja yang menyampaikan ya. Tapi yang pasti, iya positif satu orang,” ungkapnya.

Andi tak ingin memberi informasi lebih lanjut tanpa seizin Gubernur Kaltim Isran Noor. “Kami baru mau menghadap Pak Gubernur. Biar beliau saja yang menyampaikan ya,” kata dia.

RSUD Abdul Wahab Sjahranie mengisolasi tiga warga Samarinda sejak Sabtu (14/3/2020) lalu. Ketiga pasien tersebut masuk dalam kategori pengawasan Covid-19 karena memiliki gejala sakit demam, flu dan sakit kepala.   Satu pasien diketahui usai menghadiri acara seminar di Bogor, Jawa Barat, pada 25 Februari 2020 hingga 28 Februari 2020.

Setelah pulang, pasien tersebut berinteraksi dengan dua orang lainnya di Samarinda. Pasien tersebut melaporkan sendiri gejala sakitnya ke Dinkes Samarinda.

Total pasien dengan pengawasan (DPD) di Kalimantan Timur sejak 31 Januari hingga 18 Maret 2020 berjumlah 35 orang. Dari total itu, 10 orang diantaranya sudah negatif. Sementara, 24 lainnya masih menunggu hasil dari laboratorium Kementerian Kesehatan RI dan 1 orang sudah dinyatakan positif.

Sebaran pasien tersebut di antaranya, 17 kasus terjadi di Balikpapan, 3 orang di Samarinda, Kutai Kartanegara ada 2 kasus, Paser 2 kasus dan Bontang 1 orang. (Redaksi)


Leave a Reply