Isu Telur Rebus Penangkal Corona, Begini Jawaban Dokter

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Di tengah pandemi virus corona, beredar informasi bahwa telur rebus bisa menangkal corona. Informasi di Facebook dan aplikasi pesan Whatsapp mengatakan ada seorang bayi yang baru lahir langsung berbicara. Bayi tersebut mengatakan warga harus makan telur rebus untuk melawan virus corona.

Isu makan telur rebus ini menjadi viral di daerah Kabupaten Paluta, bahkan sampai ke Bontang sekitarnya. Banyak juga masyarakat yang membuat postingan di akun media sosial seperti Facebook dan Instagram sehingga menjadi perbincangan dikalangan masyarakat.

Ditanya soal viralnya telur rebus untuk menangkal corona, dr.Zukhrida Ari Fitriani, MKK menyebut, telur memang bermanfaat bagi tubuh karena kandungan protein di dalamnya, namun hal itu lantas tidak membuat telur dapat menjadi penangkal apalagi mengobati Covid-19. 

“Telur bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sama halnya seperti ayam dan daging. Bisa juga memperbaiki sel-sel yang rusak,” ujarnya. 

Namun dalam mengkonsumsi telur, dr Ida menyarankan agar tidak berlebihan. Selain dapat menimbulkan jerawat, juga dapat menimbulkan masalah ginjal. 

“Untuk orang dewasa, seminggu sekali konsumsi telur baik bagi tubuh,” katanya. 

Cara paling ampuh saat ini untuk mencegah virus corona menurutnya yakni dengan menerapkan social distancing dan menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

“Banyak berdoa, tidak stres, konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah,” pungkasnya.


Reporter : Yulianti Basri

Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply