Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Masuk Kebun Warga, BKSDA Evakuasi Orangutan di Bontang Lestari

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim mengevakuasi seekor Orangutan, di wilayah Bontang Lestari, Jumat (29/5/2020).

Orangutan jantan berusia sekira lebih dari 15 tahun masuk ke perkebunan warga dan memakan tanaman warga seperti nangka dan kelapa.

“Dapat laporan dari warga yang tinggal di Bontang Lestari, katanya kebunnya diganggu oleh Orangutan, dan ada buktinya,” ujar Ridho staf BKSDA Kaltim.

Dalam proses evakuasi BKSDA melakukan pembiusan didampingi dokter hewan. Menurutnya, jika kecil Orangutan berukuran kecil bisa menggunakan jaring, berbeda dengan Orangutan dewasa.

“Disisir, dimana dia, jika tidak membahayakan posisinya, langsung kita lakukan upaya penyelamatan. Kita tembak bius, biar cepat tidur,” tambah Ahmad Rifai, staf BKSDA Kaltim.

Dijelaskan Rifai, pihaknya sudah beberapa kali melakukan penyisiran di lokasi yang sama, namun orangutan tidak pernah ditemukan.

“Sudah beberapa kali kami kesini, tapi baru kali ini ketemu,” ujarnya.

Sementara Kepala Balai Taman Nasional Kutai (TNK) Nur Patria menyebut Orangutan tersebut langsung dilepas liarkan ke wilayah TNK.

“Malam ini juga dilepas ke Sangkima,” ujarnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  DPRD Bontang Kompak Minta Pemkot Perbaiki Kinerja OPD

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply