97 Kepala Keluarga di Bontang Selatan Dapat Bantuan Cadangan Pangan Beras dari Provinsi

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kecamatan Bontang Selatan menjadi satu-satunya yang mendapatkan bantuan cadangan pangan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan Dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Kalimantan Timur. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 97 kepala keluarga yang ada di Bontang Selatan.

Penyerahan bantuan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aji Erlynawati, Kepala Bidang Distribusi dan Ketersediaan Pangan Kaltim M. Alimuddin dan Sekretaris Camat Bontang Selatan Agus Salim Umar.

Dikatakan Sekda Bontang Aji Erlynawati, penerimaan bantuan berdasarkan pada data Dinas Sosial Provinsi dan pemetaan food security and vulnerability atlas yang dilakukan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kaltim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan bantuan cadangan pangan pemerintah berupa beras secara langsung kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Bontang Selatan,” ujarnya.

Cadangan Pangan sendiri memiliki peran strategis dalam penyediaan pangan untuk penanganan bencana, kerawanan pangan, kondisi darurat serta menjaga stabilitas harga pangan di daerah. Salah satu kelebihannya adalah apabila terjadi bencana alam atau sosial dalam skala kecil dan bersifat lokal, pemerintah daerah dapat langsung menyalurkan bantuan kepada korban bencana.

Sementara, Alimuddin menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ke Bontang Selatan ini setelah melihat kerawanan pangan. Data peta secara nasional, Bontang Selatan menjadi salah satu kecamatan yang patut dibantu.

“Itu dari hasil pemetaan kerawanan pangan. Jadi adanya covid maupun tidak, tetap kami bantu,” katanya.

Bantuan yang diterima masing-masing kepala keluarga adalah sebanyak 0,25 kilogram per hari. Jika ditotal sebanyak 7,5 kilogram, atau setara bantuan untuk 30 hari kedepan.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply