Razia di Pasar, 55 Orang Tak Bermasker Dijaring Petugas

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Petugas gabungan kembali melakukan razia penerapan Perwali Nomor 21 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kali ini menyasar pasar tradisional Taman Rawa Indah dan Telihan Bontang Barat. Mereka yang tidak menggunakan masker diberi teguran lisan dan didata oleh petugas.

“Ada 55 orang yang kami data hari ini baik pedagang maupun pembeli,” ungkap Kepala Satpol PP Bontang Ibnu Gunawan.

Menurut Ibnu dari beberapa kali sosialisasi dan penegakan Perwali, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan sudah mulai meningkat. Hal itu terlihat dari jumlah teguran yang mengalami penurunan.

“Masyarakat mulai disiplin, semoga begitu seterusnya,” katanya.

Diketahui sanksi bagi mereka yang melanggar diantaranya teguran lisan dan teguran tertulis, kerja sosial, hingga tindakan polisional.

Usai diberi teguran, jika tetap melanggar maka wajib melakukan kerja sosial dan aktivitas fisik. Kerja sosial yakni membersihkan fasilitas umum selama 30 menit. Sementara aktivitas fisik selama 15 menit yakni sit up, push up, lari, dan aktivitas fisik sejenis.

Jika pelanggar enggan melakukan kerja sosial atau aktivitas fisik, maka akan menjalani pidana kurungan atau penahanan sementara selama 1×24 jam.

Selain perorangan, aturan juga berlaku bagi pelaku usaha dan pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang mengabaikan protokol kesehatan. Sanksi berupa teguran, penghentian sementara operasional usaha, hingga pencabutan izin usaha sementara.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Minim Infrastruktur, Komisi III Sidak Perum Griya Wisata Bontang Kuala

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply