2 Bersaudara di Probolinggo Sulap Talenan Lukis Jadi Barang Bernilai Tinggi

KITAMUDAMEDIA – Siapa sangka talenan kayu hanya bernilai Rp 10.000, bisa dijadikan souvenir berkualitas tinggi. Dari tangan Leda Azzadinas Haque (26) dan Ledy Fitra Ramadhani (22), warga Dusun Lori, Desa Sumur Mati, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, talenan disulap menjadi talenan lukis, pigora lukis dan flower box. Menarik ya? Ide pembuatan souvenir dari talenan ini muncul saat mereka iseng mencoba melukis talenan. Mereka kemudian mencoba memposting ke media sosial. Dan ternyata, banyak peminat dan memesan karya mereka.

Hingga akhirnya, mereka pun mulai aktivitas kerja barunya. Sebelumnya, mereka membeli talenan kayu dari pengrajin lokal di Kota dan Kabupaten Probolinggo. Mereka pun juga membeli bahan penunjang lainnya yakni kuas lukis, cat akrilik, dan pilox clear atau anti gores. “Ide awalnya saya kan suka melukis, dari kecil suka menggambar, dan tahun 2010. Kegemaran melukis ditekuni saat di Ponpes Gontor. Awalnya saya melukis dari media triplek yang ukuran kecil 1 x 2 meter dan saat tahun 2017 kepingin menggambar di media kayu cuma lebih kecil dan familiar. Saya ke dapur pondok ada ibu-ibu di dapur motong-motong pakai talenan kayu, oh iya talenan bisa dibuat media melukis. Dan sampai sekarang hasil karya talenan banyak dibuat acara weeding dan ultah, pasaran dari kota kota seluruh Indonesia,” ujar Leda saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (30/9/2020).

Dalam sehari kedua saudara kandung, mampu menyelesaikan talenan lukis menjadi souvenir cantik bisa 6 hingga 12 talenan kayu lukis. Tak hanya talenan hasil karyanya yang mereka jual, Leda dan Ledy juga membuat pigura lukis dan flower box. Mereka jual 1 talenan lukis jadi Rp 60.000 sampai Rp 70.000 dan pigura lukis mereka jual Rp 55.000 sampai Rp 60.000 per pigora dan untuk flower box dijual Rp 100.000 sampai Rp 125.000/flower boxnya. “Pesanan hasil karyanya datang dari daerah Jawa Barat, Jakarta, Balikpapan Kalimantan dan paling jauh pemesan saat ini dari Provinsi Riau,” tambahnya.

Baca Juga  Kegigihan Penyandang Disabilitas Blitar Ubah Limbah Kayu Jadi Nilai Jual Tinggi

Ditambahkan Ledy Fitra Ramadhani, dirinya bersama saudara kandungnya ini berbagi tugas. Ada yang menjadi marketing dan membuat produk. Dalam 3 bulan ini mendapatkan pesanan 60 talenan lukis. “Kita bagi tugas, kalau kakak bagian manajemen dari pesanan, saya bagian desain dan untuk lukisan kakak bagian lukisan abstrak realis, kemudian saya bagian lukisan kartun, pesanan dari orang buat acara Ultah dan kado lahiran bayi, jual online sangat efektif karena jangkauan pasar lebih luas, ketika testimonial mereka melihatkan ke orang lain, total saya dapat pesen 3 bulan ini ada 60 pesanan untuk talenan lukis, didominasi pesanan dari luar kota, paling banyak dari Jawa Barat” tegas Ledy saat dikonfirmasi.

Rencananya pasar talenan lukis, pigura lukis dan flower boxnya, penjualannya akan diperluas ke pangsa pasar luar negeri. Penasaran dengan talenan lukis eksotis ini, anda bisa melihat di link kukadokau_id di jual beli beberapa media sosial, atau datang langsung ke alamat rumahnya. (Detik)

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply