Pasokan Ikan di Bontang Mencukupi Sampai Akhir Tahun

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budidaya Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang Syamsu Wardi memastikan pasokan ikan air laut masih mencukupi untuk konsumsi masyarakat Kota Bontang.

“Memang cuaca untuk bulan November-Desember diperkirakan tidak stabil, tapi kalau pasokan masih mencukupi, aplagi diliat dari tangkapan selama ini, setiap harinya,” ujarnya.

Pasokan ikan tak hanya berasal dari nelayan lokal saja. Sejumlah nelayan dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat juga menjadi penyokong. Tangkapan ikan tersebut pun dibongkar langsung di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tanjung Limau Bontang Utara. “Jadi aman lah pasokan ikan, sebagian besar hasil tangkapan dari nelayan luar juga itu sangat membantu, berdampak juga pada perekonomian masyarakat tentunya,” jelasnya.

Menurut Wardi, jika tangkapan menurun di Bontang, para nelayan tak kehabisan akal. Mereka biasanya mengambil dari Berau, Palu maupun Bone Sulawesi Selatan, melalui Pelabuhan Samarinda untuk kemudian dibawa ke Bontang. Kendati demikian, DKP3 juga berupaya menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan serta kesehatan ikan di situasi pandemi ini.

“Sampai akhir tahun aman tidak ada kelangkaan ikan, karena produksi ikan tangkap maupun budidaya terus ada,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, DLH Gelar Lomba Kelurahan Sehat

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply