Tahun Depan, DKP3 Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Banyak inovasi yang tengah dikembangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang. Pembenahan fasilitas di Balai Benih Ikan terus dilakukan. Bahkan juga berencana membangun laboratorium air. Rencana terbaru, DKP3 juga akan mengembangkan budidaya ikan air tawar.

“Iya nanti tahun 2021,” ungkap Kepala Bidang Perikanan DKP3 Bontang Syamsu Wardi.

Program tersebut merupakan sinkronisasi program dengan pemerintah provinsi, dengan melakukan pengembangan ikan-ikan endemik khas Kalimantan Timur.

Diketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya. Termasuk keanekaragaman ikan di perairan Indonesia. Bahkan, ada banyak spesies ikan endemik di Indonesia, atau habitatnya cuma ada di Indonesia.
“Ada ikan haruan, biawan, dan papuyu,” sebutnya.

Pengoptimalan program tersebut dilakukan dengan menyediakan benih ikan yang unggul atau berkualitas, untuk kemudian disalurkan ke masyarakat. “Kami upayakan yang terbaik, selain menyediakan benih juga fasilitas kami terus benahi,” ungkapnya.

Syamsu Wardi juga menyebut budidaya ikan air tawar tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan ikan lainnya. Sehingga besar harapan, program tersebut dapat terealisasi.

“Harganya lebih mahal kalau dijual,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Pembunuh Bocah Demi Ginjal Berumur Dewasa, Terancam Hukuman Mati

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply