DKP3 Akan Bangun Laboratorium Air di Balai Benih Ikan Tanjung Laut

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Satu lagi inovasi yang akan dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, dengan membangun laboratorium air di Balai Benih Ikan (BBI) Tanjung Laut Bontang Selatan.

Dikatakan Kepala Bidang Perikanan DKP3 Bontang Syamsu Wardi saat melakukan rapat kerja bersama komisi ll DPRD Bontang, Selasa (3/11/2020), laboratorium air tersebut bekerjasasama dengan perguruan tinggi dan sekolah kejuruan.

“Ini kami harapkan bisa menjadi wadah edukasi,” ujarnya.

Rencana dibangunnya laboratorium air ini untuk mengetahui kualitas air di Bontang. Apalagi Bontang dikenal sebagai kota maritim dan juga industri. Penggunaan perairan beragam. “Jadi, kalau sudah tercemar kan kita harus menguji kandungan air, dan itu harus dilakukan di Samarinda, karena kita tidak punya lab sendiri,” ungkapnya.

Sementara, proses menuju kesana, kadang kala membuat kandungan air berubah. Belum lagi menghabiskan banyak waktu. “Karena itu kami mencoba membangun laboratorium air untuk praktikum, penelitan, dan juga edukasi,” jelasnya.

Saat ini sarana dan prasarana di Balai Benih Ikan Tanjung Laut perlahan mulai dibenahi. Adanya laboratorium air tentu harus didukung dengan fasilitas yang mumpuni. “Iya kita perbaiki dulu, dibenahi,” tambahnya.

Dengan adanya laboratorium air tersebut diharapkan Wardi dapat bermanfaat baik untuk kepentingan lingkungan dan perairan, juga sebagai sarana pembelajaran atau edukasi baik kepada pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat Bontang.

“Selama ini laboratorium sering menjadi tempat PKL Mahasiswa, ataupun SMK untuk sebuah analisis,” pungkasnya.


Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Ramai soal Tidak Bayar BPJS Kesehatan Selama 11 Tahun, Ini Tanggapan BPJS

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply