Petugas TPS 25 Tanjung Laut Indah Layani Pemilih Pakai Baju Adat Sulsel

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Ada yang menarik di hari pencoblosan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang 2020. TPS dihias semenarik mungkin. Tak mau ketinggalan, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 25 Kelurahan Tanjung Laut Indah mengenakan pakaian adat Sulawesi Selatan Bugis-Makassar atau yang dikenal dengan baju ‘Bodo’.

Petugas KPPS wanita terutama, menggunakan nuansa baju adat berwarna biru, dengan sarung kotak-kotak merah muda. Lengkap dengan Pattonro atau aksesoris di kepala.

Ketua KPPS TPS 25 Tanjung Laut Indah Rusdiana menyebut, konsep ini merupakan ide bersama. Untuk memperkenalkan pakaian adat khas Sulawesi Selatan. “Kebanyakan warga disini itu dari Sulsel, makanya kami putuskan pakai baju adat,” ujarnya.

Mereka memilih menyewa baju bodo menggunakan dana pribadi. “Swadaya aja mbak, kalau TPS menarik masyarakat juga semangat nyoblos,” katanya.

Protokol kesehatan juga sangat diterapkan disini. Setiap pemilih wajib mencuci tangan terlebih dulu. Kemudian dicek suhu tubuh. Sarung tangan ikut dibagikan. Jaraknya pun di atur. Jadwal jam untuk mencoblos telah dibagi. Sehingga masyarakat tidak berkerumun datang bersamaan ke TPS.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Daftar Penyakit yang Tak Dicover BPJS Kesehatan, Wajib Tahu!

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply